Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Nasional

Tanki Kilang Cilacap Terbakar, Ahok : Operasional Pertamina Normal

Avatar of Okedaily
×

Tanki Kilang Cilacap Terbakar, Ahok : Operasional Pertamina Normal

Sebarkan artikel ini
Tanki Kilang Cilacap Terbakar, Ahok : Operasional Pertamina Normal
Kobaran si Jago Merah pada Tanki Kilang Pertalite di Pertamina Cilacap [Gambar / Tempo]

OKEDAILY, JATENG – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkonfirmasi terbakarnya tangki 36T102 berisi Pertalite di Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Kebakaran terjadi pada Sabtu malam, 13 November 2021.

“Sedang ditangani,” kata Ahok kepada Tempo melalui pesan pendek.

Ahok meneruskan laporan berupa pesan teks dari manajemen Pertamina kepada Tempo. Dalam laporan tersebut dinyatakan bahwa operasi kilang tetap berjalan normal. Petugas di lapangan telah mentransfer isi produk di tangki 36T102 untuk memastikan kebutuhan tercukupi.

Secara paralel, petugas melakukan penyekatan dan berupaya semaksimal mungkin memadamkan api. Adapun kebakaran Tangki 36T102 berlangsung pada pukul 19.15 WIB dan hingga kini belum padam.

Baca Juga :  Jual Beli Tanah Wajib Punya BPJS Per 1 Maret 2022

Pada saat kebakaran, tim di lapangan melaporkan bahwa tangki 36T102 berisi Pertalite. Tangki memiliki volume 31 ribu hingga maksimal 39 ribu dengan level 15,9-20 meter.

Berdasarkan laporan yang sama, petugas melakukan penyekatan api di sekitar tangki dan defensive fire fighting dengan truk pemadam kebakaran dan hydrant. Petugas telah menyiapkan offensive fire fighting dan melakukan pendinginan terhadap tangki sekitarnya dengan menyalakan water sprinkle.

Pertamina saat ini pun mengecek masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman. Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman.

Baca Juga :  Catatan Anak Pulau : Potret Politik Jenaka 2024

Perseroan juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan

Kebakaran tangki di Kilang Cilacap bukan kali ini terjadi. Pada Juni lalu, salah satu tangki yang berisi benzene milik PT Pertamina juga terbakar di sana.

Adapun kilang Cilacap merupakan satu dari enam Kilang Pertamina. Kilang ini memiliki kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang juga memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas, serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.