Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

Cari Solusi Kesehatan Paru? Kunjungi Dokter Spesialis di RSUD Moh Anwar Sumenep

Avatar of Okedaily
1153
×

Cari Solusi Kesehatan Paru? Kunjungi Dokter Spesialis di RSUD Moh Anwar Sumenep

Sebarkan artikel ini
Cari Solusi Kesehatan Paru? Kunjungi Dokter Spesialis di RSUD Moh Anwar Sumenep
Dokter Spesialis Paru RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Andri Dwi Wahyudi, Sp.P. dan dr. Renny Irviana Eka Tantri, Sp.P. ©Okedaily.com/Ist

SUMENEP, OKEDAILY Adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, merupakan unsur pendukung penyelenggaraan Pemerintah Daerah bidang pelayanan kesehatan yang dipimpin oleh Direktur dr. Erliyati, M.Kes.

Ragam poli tersedia di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, salah satunya adalah poli paru yang saat ini dilayani oleh dua dokter spesialis paru yaitu dr. Andri Dwi Wahyudi, Sp.P. dan dr. Renny Irviana Eka Tantri, Sp.P.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep, Erfin Sukayati, M.Kes. dalam hal pelayanan kesehatan banyak yang bisa dilakukan di Rumah Sakit plat merah tersebut misal Spirometri, CT Scan Thorak + Kontras, dan juga dalam waktu dekat ini rencana akan diaktifkan Fiber Optik Bronkoskopi.

Baca Juga :  RSUD dr. H. Moh. Anwar Sampaikan Maaf Atas Ketidaknyamanan yang Terjadi

Penting untuk diketahui, berdasarkan penjelasannya kepada media okedaily.com, pada Senin, 3 Juni 2024, bahwa layanan kesehatan di poli paru RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dilakukan setiap hari Senin sampai dengan Sabtu, jam kerja pukul 07:00-14:00 WIB.

Sementara dituturkan dr. Andri Dwi Wahyudi, Sp.P. bahwa layanan di poli paru RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep tidak hanya tentang paru-paru saja, melainkan semua penyakit paru dan saluran pernapasan seperti Asma, PPOK, TBC, Tumor Paru, Pneumonia, infeksi saluran nafas bawah, batuk darah dan sesak nafas juga dilayani secara profesional tentunya.

“Di RSUD juga sudah jadi rujukan untuk TBC resisten/kebal obat dan sudah ada semua sarana penunjang seperti poli khusus TB resisten obat, gazebo untuk ruang tunggu pengawasan minum obat, dan obat-obat terbaru untuk TBC resisten/kebal obat,” tuturnya.

Baca Juga :  Ada Hajatan di Depan IGD RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep?

“Banyak yang menyebabkan kapasitas paru-paru misal adanya tumor, abses, fibrosis paru, efusi pleura atau cairan pleura, massa mediastinum dan lain-lainnya,” imbuh dr. Andri.

Ditempat yang sama, dr. Renny Irviana Eka Tantri, Sp.P. menyampaikan, bahwa jumlah kunjungan pasien ke poli paru RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep pada Tahun 2024 berjalan ini, telah mencapai sebanyak 2.787 pengunjung.

Berhenti merokok adalah salah satu hal utama yang disarankan dr. Renny kepada masyarakat, untuk menurunkan resiko penyakit paru. Selain itu menjaga pola hidup sehat dengan Vaksin BCG guna pencegahan terhadap penyakit, dan konsumsi makanan yang bergizi.

“Juga jika sedang sakit dan ada keluhan batuk, untuk beretika batuk dengan memakai masker dan sering cuci tangan,” tutupnya.

Baca Juga :  Segerombolan Juru Parkir Ilegal Mengatasnamakan KONI Sumenep