Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai 2023 Peduli Lingkungan Hidup, Tanam Seribu Mangrove

Avatar of Okedaily
×

KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai 2023 Peduli Lingkungan Hidup, Tanam Seribu Mangrove

Sebarkan artikel ini
KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai 2023 Peduli Lingkungan Hidup, Tanam Seribu Mangrove
Foto bersama simbolis penanaman seribu pohon mangrove. ©Okedaily.com/Rania

OKEDAILY, SUMUT Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ishlahiyah Binjai dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023, melakukan gerakan menanam seribu bibit mangrove bersama 939 Mahasiswa KKN, sebagai salah satu rangkaian kegiatan sekaligus acara penutupan KKN Periode pertama 2023.

Ketua Yayasan Al-Ishlahiyah Binjai, Putri Susu Meilany Daulay, S.E. dalam sambutannya mengatakan, penanaman mangrove ini menjadi bentuk kepedulian Mahasiswa KKN terhadap lingkungan hidup dan keberlangsungan bumi.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyadarkan kita akan kelestarian bumi dan mangrove memainkan peran yang luar biasa dalam ekosistem kehidupan yang kompleks,” ujarnya, Senin (20/2).

Baca Juga :  Relawan Vaksin Karang Taruna Kabupaten Sumenep Kembali Beraksi

Hal ini juga senada dengan penyampaian Wakil Ketua 1 Yayasan yang juga Dosen tetap STAI Al-Ishlahiyah Binjai, Faisal Amri, M.Ag., beliau memperkenalkan istilah Fundamental Resetting. Salah satu aspek dari istilah itu adalah peralihan dari homosentrisme.

“Semua yang dilakukan hanya untuk kepentingan manusia dan membawa banyak kerusakan, menjadi bio village, ketika manusia adalah bagian dari bumi, bukan pemilik bumi. Kerusakan lingkungan terjadi itu akibat ulah manusia. Kini kita tidak merusak tapi melestarikan,” ujar Faisal, yang juga Senator DPD RI, sembari mengucapkan selamat kepada mahasiswa KKN.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STAI Al-Ishlahiyah Binjai, Junaidi, S.S., S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa tanpa mangrove abrasi dapat terjadi dan ombak akan menerjang daratan.

Baca Juga :  Memupuk Rasa Cinta Pahlawan, GP Ansor Buleleng Gelar Lomba Orasi Bung Tomo

“Dampaknya, manusia bisa kehilangan banyak hal penting dari lingkungan di sekitar kita, harapannya mahasiswa KKN tidak hanya sukses pada karier, tetapi juga menjadi profesional yang sadar akan kehidupan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Peduli Pesisir, Yenti SIM yang akrab disapa Bu Ayen menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Al-Ishlahiyah, Civitas Akademika beserta seluruh mahasiswa KKN yang berkenan menyempatkan diri untuk menanam bibit Pohon mangrove di kawasan pesisir Kelurahan Beras Basah, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

Turut hadir, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Khairul Mufti Rambe, M.HI, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Wiene Surya Putra, M.Pd.l, Tokoh Masyarakat Pangkalan Susu, Ibrahim, ewakili Lurah Beras Basah, Zulkarnain, S.E. beserta dosen STAI Al-Ishlahiyah Binjai yang hadir.