Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

HMJ Prodi HES Gelar Safari Ramadhan di Kota Medan

Avatar of Okedaily
×

HMJ Prodi HES Gelar Safari Ramadhan di Kota Medan

Sebarkan artikel ini
HMJ Prodi HES Gelar Safari Ramadhan di Kota Medan
Silaturrahmi memang harus dibangun karena dengan itu akan tercipta kebersamaan dan saling menguatkan. ©Okedaily.com/Rania

OKEDAILY, SUMUT Program safari ramadhan dilaksanakan di sejumlah lokasi sesuai schedule himpunan mahasiswa jurusan hukum ekonomi syari’ah (HMJ HES) STAI Al-Ishlahiyah Binjai yang digelar mulai tanggal 7-8 April 2023 kemarin.

Adapun beberapa tempat safari ramadhan ini digelar di Musholla Taqwa Jl. Jangka Kecamatan Sei Putih Medan Petisah, dan Masjid As-Salam Jl. Orde Baru KM 12,5 Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan safari ramadhan tersebut disambut baik oleh Ketua STAI Al-ishlahiyah Binjai, Junaidi, S.S., S.Pd., M.Si. kemudian juga dihadiri oleh Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah, Dr. (c) Muhammad Nur Iqbal S.HI., M.HI., Sekretaris Prodi HES Dr. Ahmad Zuhri Rangkuti, LC. M.HI., Ketua HMJ HES Dimas Ar-Ridzuan, serta pengurus HMJ HES.

Baca Juga :  Ibu Si Gadis Yatim Pulau Sapudi, Ditemukan Meninggal di Pesisir Laut Sonok

Tema ceramah yang disampaikan Dr. Ahmad Zuhri Rangkuti, LC., M.HI. pada safari ramadhan kali ini ialah tentang keutamaan dalam bulan suci yang penuh berkah tersebut. Beliau menjelaskan bahwa puasa memperbaiki hubungan kita kepada Allah melalui ibadah.

Beliau juga berpesan, berteman dengan orang-orang yang solih, pilah-pilih kawan dan jangan terpengaruh dengan kawan yang tidak baik, karena itu meracuni akhlak (toxic friendship).

HMJ Prodi HES Gelar Safari Ramadhan di Kota Medan

“Jangan menyesal kelak diakhirat karena dulu tidak mau memilih teman yang baik. Firman Allah; Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab (ku) (QS. Al-Furqan 28). Nabi dalam hadits-nya memberi perumpamaan dalam pemilihan sahabat adalah antara penjual minyak wangi dan tukang pandai besi,” katanya.

Baca Juga :  Berjiwa Sosial, Kapolres Sampang Bagikan Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

Ramadhan akan terus ada hingga akhir masa, manusialah yg akan meninggalkan dunia, sehingga tidak bertemu dengan Ramadhan berikutnya. Oleh karenanya, selagi sehat dan ada umur sekarang gunakan Ramadhan dengan baik dan benar, menjadi insan yang bertakwa dan berakhlak mulia.

“Ramadhan merupakan waktu doa mustajab, terdapat tiga doa yang tidak ditolak Allah: Doa orang tua, doa musafir, dan doa orang yang berpuasa,” ucap beliau dalam ceramah singkatnya yang penuh keakraban dengan para jemaah.

Sementara Kaprodi HES Muhammad Nur Iqbal, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pengurus BKM yang sudah menerima dengan baik, dan juga kepada setiap para dosen tetap yang ada di prodi HES, dimana sudah membantu moril maupun materiil pada kegiatan Safari Ramadhan tersebut.

Baca Juga :  Latihan Geladi Resik Pesisir Kegiatan Jambore budaya

Ia pun berharap, kegiatan itu dapat terus berjalan di setiap bulan Ramadhan, khususnya dari prodi HES juga akan melakukan kegiatan penyuluhan hukum, dimana kegiatan tersebut untuk mengedukasi seluruh elemen masyarakat agar paham mengenai hukum yang terjadi di Indonesia.

“InsyaAllah kami juga akan membuat suatu lembaga hukum untuk membantu semua masyarakat, terkhususnya masyarakat kecil, mari sama-sama kita doakan,” ujar Iqbal panggilan akrab untuk Kaprodi HES itu.

Pada kesempatan yang sama dijelaskan Ketua HMJ HES, Dimas Ar-Ridzuan bahwa tujuan atas keberadaan kegiatan yang dilaksanakan itu hadir sebagai wadah untuk seluruh Mahasiswa HES, dalam menuangkan ide dan pikiran dalam kegiatan yang bernuansakan hukum.

Baca Juga :  Kapolres Langkat Peduli Warga Terdampak Banjir, Mukthi Halwi : Saya Sangat Mengapresiasi

Menurutnya, seperti tentang praktek peradilan semu, dan kegiatan rutinitas pembelajaran membaca kitab kuning, serta safari ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan HES di kalangan pemuda-pemudi, dimana STAI Al-Ishlahiyah Binjai adalah satu-satunya kampus swasta Sumatera Utara yang mempunyai jurusan itu.

“Kampus swasta di sumut kami satu-satunya yang mempunyai jurusan HES yang sudah terakreditasi B, dan juga banyak dosen yang mengajar di jurusan tersebut telah menjadi seorang Advokat, jadi banyak pengalaman dan ilmu yang bisa di dapat di jurusan tersebut,” tukasnya.

Acara Safari ditutup dengan ramah tamah bersama para jemaah dan pemberian bingkisan kenang-kenangan. Pengurus BKM berterimakasih atas kunjungan HMJ dan Prodi HES, sebab silaturrahmi memang harus dibangun karena dengan itu akan tercipta kebersamaan dan saling menguatkan.

Baca Juga :  Polsek Medan Helvetia Pantau Vaksinasi Anak di Perguruan Islam Terpadu Cendekia