Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Sekber Nahdliyyin Sumut Hasil Inisiasi Kader Muda NU, Diresmikan

Avatar of Okedaily
7
×

Sekber Nahdliyyin Sumut Hasil Inisiasi Kader Muda NU, Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Sekber Nahdliyyin Sumut Hasil Inisiasi Kader Muda NU, Diresmikan

Medan – Mantan Ketua Tanfidziah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Sumatera Utara, Drs. KH. Anwar Noor Siregar, mengajak Nahdliyyin mengisi Sekretariat Bersama (Sekber) Nahdliyyin Sumut di Jl. Menteng VII Gang Sepakat, Medan, dengan berbagai kegiatan guna meningkatkan semangat ber-NU.

“Saya berharap di Sekber Nahdliyyin Sumut ini ada Halaqoh, ada Lailatul Ijtima’, ada Muzakarah. Sejumlah kegiatan ini harus kita galakkan sehingga semangat ber-NU akan terus berkembang di kalangan Nahdliyyin,” ujar KH. Anwar Noor Siregar dalam tausiyah peresmian Sekber Nahdliyyin Sumut, Kamis (27/1/22), yang dirangkaikan dengan kenduri, tahlilan, kirim doa untuk Ulama NU serta pemotongan nasi tumpeng.

KH. Anwar Noor Siregar mengungkapkan, dirinya sangat menyambut baik keberadaan Sekber Nahdliyyin Sumut, karena hal itu akan menghidupkan ghirah Nahdliyyin di Sumut ini.

Baca Juga :  Darurat Kebhinekaan, GMNI Sumut Minta Walikota Medan Berikan Solusi Untuk Jemaat GEKI

Menurutnya, kekuatan NU ini ada pada jamaahnya. “Jadi kalau jamaah NU di Sumut ini kuat maka akan kuat NU di Sumut ini. Tapi kalau Nahdliyyin Sumut-nya lemah maka NU-nya juga akan lemah,” Kata KH. Anwar Noor Siregar.

Oleh karena itu, dia mengajak Nahdliyyin menghidupkan Sekber yang baru saja diresmikan itu, untuk menguatkan jamaah NU dengan sejumlah kegiatan, pelatihan sehingga jamaah menjadi kuat.

Syukuran dan peresmian Sekber Nahdliyin Sumut diinisiasi oleh kader-kader muda NU seperti, Eriza Hudori dan Husein Tanjung, dan dihadiri kalangan tokoh NU Sumut diantaranya, Drs. KH. Anwar Noor Siregar, Ketua IKA-PMII Sumut Ance Selian, Musaddad Daulay, Dr. Aswan Jaya, H. Mahsin, Ketua Muslimat NU Medan serta sejumlah pengurus Banom NU Sumut.

Baca Juga :  Kades Paliat Bangun Balai Baru Gunakan Dana Desa, Mendes PDTT: Tidak Boleh

Ketua IKA-PMII Sumut Ance Selian, juga berharap, Sekber ini harus dijadikan wadah penguatan generasi muda NU sehingga generasi muda NU di Sumut ini bisa tampil untuk membesarkan NU di Sumut.

“Saya juga mengingatkan bahwa keberadaan Sekber ini jangan dipolemikkan dari siapa untuk apa dan untuk siapa. Akan tetapi Sekber ini harus dimanfaatkan sebagai wahana silaturahmi sesama warga dan semangat ber-NU khusunya di Sumut,” Tukas Ance Selian.

Tak ketinggalan, Musaddad Daulay mengharapkan, Sekber Nahdliyyin Sumut menjadi kegiatan kultur NU yang selama ini kurang digalakkan. Dirinya pun berjanji akan hadir dalam kegiatan-kegiatan di Sekber, karena ia menilai keberadaan Sekber itu sangat baik.

Baca Juga :  Kiai Jabidin Gelar Konsolidasi dan Silaturrahim Minta Arahan Para Kiai

Sebelumnya, Inisiator pengundang Eriza Hudori mengatakan bahwa, keberadaan Sekber Nahdliyyin ini untuk memperkuat kultur NU di Sumut serta sebagai tempat bagi warga NU di Sumut.

“Sekber ini bukan untuk menandingi keberadaan NU struktural melainkan untuk mensinergikan penguatan kultural NU. Kegiatan-kegiatan kultural NU akan kita gelar di Sekber ini secara kontinyu,” Tandas Eriza pada peresmian yang turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Medan Dr. Impun Siregar.