Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

SMPN 1 Gayam Proaktif, Sukseskan Bazar Produk Unggulan Desa dan Lintas Sektor

Avatar of Okedaily
19
×

SMPN 1 Gayam Proaktif, Sukseskan Bazar Produk Unggulan Desa dan Lintas Sektor

Sebarkan artikel ini
SMPN 1 Gayam Proaktif, Sukseskan Bazar Produk Unggulan Desa dan Lintas Sektor

Sumenep – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Gayam Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi satu-satunya lembaga pendidikan yang proaktif ikut berpartisipasi memasarkan produk lokal karya siswanya di Bazar Produk Unggulan Desa dan Lintas Sektor Kecamatan Gayam.

Bazar tersebut digelar oleh Tim Penggerak Perempuan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TPP PKK) Gayam, di halaman Pendopo Kecamatan Gayam. Minggu, (19/12)

Kepala SMPN 1 Gayam, Dra. Hj. Rushidayatillah, mengatakan sangat bangga produk hasil inovasi siswanya bisa diikut sertakan pada Bazar skala Kecamatan.

Menurut Hj. Rush, apaan karib kepala SMPN 1 Gayam, sekolah yang ia pimpin ikut kegiatan tersebut semata agar supaya tidak ketinggalan informasi. Bahkan kata dia, setiap kegiatan apapun pihaknya selalu ikut andil meramaikan.

“Selagi instansi kami masih mampu, maka kami akan tetap mengikuti bentuk kegiatan apapun itu,” ujarnya saat ditemui di Stand Bazarnya.

Selanjutnya, Hj. Rush menyampaikan bahwa, dalam meramaikan bazar tersebut sebagai hasil dari potensi anak didiknya yang diikut sertakan dalam pengembangan produk lokal.

Baca Juga :  PMT Sumut Desak Kapolres Tuntaskan Dugaan Korupsi DPRD Kota Tebing Tinggi

Ia mengaku, pihaknya tidak hanya menjual. Produk makanan, namun juga ada beberapa seni hasil kerajinan tangan yang dipasarkan.

“Selain makanan, disitu ada produk hiasan dinding yang dibuat dari bahan Cobik, dan juga ada produk keset” katanya.

Kemudian, karena kegiatan tersebut dinilai sangat mendesak sehingga pihaknya tidak menampilkan semua produk hasil kerajinan siswanya untuk di pajang di stand bazar.

Hj. Rush menjelaskan bahwa, seni kerajinan tangan hasil karya anak didiknya itu, merupakan bentuk pengembangan diri (Ekstrakulikuler, Red) yang dilakukan setiap hari Jum’at.

“Jadi di sekolah kami, baik akademik dan non akademik, alhamdulillah satu minggu satu kali bisa dilaksanakan untuk mengasah kemampuan siswa sesuai dengan potensi masing-masing,” imbuhnya.

Produk unggulan yang dipasarkan oleh SMPN 1 Gayam dari jenis makanan adalah Jasuke, Popcorn, Piscok, Rempeyek, Pentol Gephek, dan Es Degan. Sedangkan dari jenis kerajinan tangan adalah, Hiasan dinding dan Keset rumah.

Baca Juga :  Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan AirNav Indonesia Bagi Pariwisata Sumenep
SMPN 1 Gayam Proaktif, Sukseskan Bazar Produk Unggulan Desa dan Lintas Sektor
Hj. Rushidayatillah, MM. Kepala SMPN 1 Gayam Pada Saat Menerima Penghrgaan juara I Festival Gemar Ikan.

Diketahui, Satu hari sebelum pelaksanaan Bazar, SMPN 1 Gayam meraih penghargaan terbaik juara satu pada ajang festival gemar ikan yang juga di adakan oleh TPP PKK Kecamatan Gayam.

“Kami dapat juara satu, karena ikan yang dipakai kami adalah Ikan yang dibuat inovatif dibandingkan masakan ikan yang lainnya,” ujar wakil ketua PKK Gayam itu.

Ditempat yang sama, Camat Gayam diwakili oleh Sekcam Gayam, H. Hedi Risman mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap sekolah SMPN 1 Gayam.

Baca Juga :  Desa Saseel Tetapkan Penerima BLT DD Tanpa Musdes

Sebab menurut dia, SMPN 1 Gayam, menjadi salah satu lembaga yang pro aktif ikut menyemarakkan kegiatan bazar yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Gayam.

“Saya berterima kasih, karena SMPN 1 Gayam menjadi satu-satunya lembaga pendidikan yang mau ikut memasarkan produknya di Bazar Kecamatan ini,” Ujarnya.

Selain itu, H. Ris panggilan akrab sekcam Gayam mengatakan, bahwa program kegiatan Bazar yang digelar oleh TPP PKK Kecamatan Gayam, merupakan program tahunan. Namun, kata dia, hanya saja kurangnya tindak lanjut untuk mengembangkan pontensi di setiap desa.

“Harusnya difikirkan juga bagaimana cara menumbuh kembangkan potensi ekonomi yang berada di masing-masing Desa, bukan hanya fokus pada makanan saja, tapi juga keterampilan,” Pungkasnya.