Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Desa Parparean I Siap Hadapi Transformasi Digital Desa

Avatar of Okedaily
464
×

Desa Parparean I Siap Hadapi Transformasi Digital Desa

Sebarkan artikel ini
Desa Parparean I Siap Hadapi Transformasi Digital Desa
Suasana santai saat sosialisasi Desa Digital. ©Okedaily.com/Malik

TOBA, OKEDAILY Dalam langkah inovatif untuk mempersiapkan masyarakat menyongsong era baru teknologi, Desa Parparean I menyelenggarakan kegiatan orientasi ruang komunitas digital desa. Acara ini bertempat di Kantor Desa Parparean I dan dihadiri oleh masyarakat setempat yang antusias untuk meningkatkan literasi digital, Selasa (4/6).

Heriyanto Sirait, yang dikenal sebagai Duta Digital Kabupaten Toba, bertindak sebagai narasumber utama. Dalam presentasinya, ia menjelaskan bahwa ruang komunitas digital desa adalah bagian dari program Kementerian Desa yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan memberdayakan masyarakat desa melalui teknologi.

“Program ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi tentang menciptakan Desa Cerdas yang mampu memanfaatkan data dan teknologi digital untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,” jelasnya, menyoroti pentingnya adaptasi teknologi di tingkat desa.

Baca Juga :  Pemeliharaan Berkala Jalan Gapura Tengah Tamidung Tuntas Dikerjakan

Sementara itu, Kepala Desa Parparean I, Saut P. Napitupulu, dalam sambutannya menegaskan komitmen desa terhadap inisiatif tersebut. “Kami melihat potensi besar dalam ruang komunitas digital ini. Jika program ini menunjukkan hasil yang signifikan, kami siap mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program kader digital yang ditawarkan oleh Duta Digital Kabupaten Toba,” ungkap Saut.

Pada kesempatan yang sama kader digital Desa Parparean I, Sintong Napitupulu, memberikan gambaran mengenai peran penting sebagai kader. “Kami di sini untuk membantu masyarakat mengakses dan memanfaatkan teknologi digital, sehingga mereka dapat ikut serta dalam pembangunan desa yang lebih modern dan efisien,” kata Sintong.

Baca Juga :  KPM BPNT Kecamatan Raas Diancam, Nur Habibi Camatnya Kabur

Acara ini tidak hanya berfungsi sebagai sesi orientasi, tetapi juga sebagai katalisator untuk perubahan. Masyarakat Parparean I diajak untuk melihat teknologi bukan sebagai ancaman, tetapi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup dan memajukan desa.

Dengan tema “Transformasi Digital Desa Menyongsong Era Baru dengan Teknologi”, kegiatan ini menekankan pentingnya literasi digital sebagai kunci untuk membuka peluang baru dan menghadapi tantangan masa depan.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan kepemimpinan desa, Desa Parparean I siap menjadi contoh bagaimana desa dapat bertransformasi melalui teknologi digital. Inisiatif ini diharapkan menjadi langkah awal yang solid menuju desa yang lebih cerdas, berdaya saing, dan siap menghadapi era digital.

Simak berita update kami langsung di ponsel anda melalui saluran OKEDAILY Channel, KLIK DISINI.