Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Lagu Dari Pesisir Tapanuli Tengah, Tak Tercatat Dalam Dendang 8 Etnis Asli Sumatera Utara?

Avatar of Okedaily
13
×

Lagu Dari Pesisir Tapanuli Tengah, Tak Tercatat Dalam Dendang 8 Etnis Asli Sumatera Utara?

Sebarkan artikel ini
Lagu Dari Pesisir Tapanuli Tengah, Tak Tercatat Dalam Dendang 8 Etnis Asli Sumatera Utara?

Okedaily.com, Medan – Kepengurusan Imatapteng-Sibolga yang diketuai Dr. Abdul Rajab Pasaribu, M.M. melakukan audensi bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H. Afifi Lubis, S.H, Jum’at (17/9/2021).

Pertemuan tersebut adalah untuk membicarakan isu-isu yang berkembang pada saat ini, dimana salah satunya tentang tidak adanya Lagu dari Pesisir Tapanuli Tengah (Sibolga, red) dalam rangkaian Dendang 8 Etnis Asli Sumatera Utara yang telah di publish beberapa waktu lalu.

Sekda Sumut H. Afifi Lubis, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Zumri Sulthony, S.Sos., M.Si. selaku perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumut, akan segera merevisi dan menampilkan Etnis Pesisir untuk kedepannya dalam hal keseragaman Multietnis di Sumatera Utara.

Baca Juga :  Pemilik Kapal Purse Seine Akan Polisikan Pelaku Pemalsuan Dokumen Asal Sapeken

Namun, Sekda berpesan kepada Pengurus Imatapteng-Sibolga agar semakin mempererat tali silaturahmi dan juga selalu mengangkat kebudayaan asli Pesisir Tapanuli Tengah agar sejajar dengan Etnis lainnya seperti, Melayu, Batak Toba, Karo, Mandailing, Nias, Simalungun, dan Pakpak.

Selaku ‘Urang Sibolga’ Sekda Provinsi Sumut mengutarakan bahwa, sangat banyak sesungguhnya kebudayaan Pesisir Sibolga yang layak untuk diketahui publik mulai dari Adat Istiadat, Tari-tarian, Pernak pernik pernikahan, Kuliner khas pesisir sampai dengan kesenian Sikambang.

Baca Juga :  Sumenep Melayani Mengalokasikan 10M BLT, GARIS : Jangan Sampai Program Luar Biasa Ini Dirusak

“Nah tradisi leluhur ini, agar selalu diterapakan kembali dalam kehidupan sehari- hari oleh segenap Pemerintah Daerah, Pemangku Adat, Masyarakat Tapanuli Tengah dan Sibolga, baik di daerah asal maupun di perantauan” Tukas Pak Sekda.

Lagu Dari Pesisir Tapanuli Tengah, Tak Tercatat Dalam Dendang 8 Etnis Asli Sumatera Utara?

Disela-sela keseriusan itu ada pula canda tawa yang dilontarkan oleh Pengurus Imatapteng-Sibolga yang ada di ruangan dimana mengingatkan beliau yang pernah bermain sepak bola bersama di Stadion Horas pada masa lampau.

Baca Juga :  Berhembus Aroma Pengkondisian Tender Oleh PPK Dishub Sumenep dan ULP Sumenep

“Apabila Pak Sekda ‘taragak’ masakan Khas Pasisi Siboga jika berkenan, Bapak datang untuk hadir basamo kami di arisan nan ado di Kota Medan ko, karena disetiap arisan tersebut akan selalu menghidangkan Masakan Khas Pasisi Kito sebagai palape salero” Tandas Ketua Imatapteng-Sibolga.

Diakhir kunjungan yang dihadiri oleh beberapa Pengurus & anggota Imatapteng-Sibolga tersebut dilakukan sesi foto bersama sekaligus penyerahan surat dari Ketua oleh Dr. Abdul Rajab Pasaribu, M.M.