Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

Dinkes Sumenep Bergandeng Tangan dengan Kodim 0827 Percepat Vaksinasi Covid19

Avatar of Okedaily
×

Dinkes Sumenep Bergandeng Tangan dengan Kodim 0827 Percepat Vaksinasi Covid19

Sebarkan artikel ini
Kadinkes Sumenep
Photo: Agus Mulyono, MCH. Kepala Dinkes Sumenep, Madura, Jawa Timur. (c) sumenepkab.go.id

Okedaily.com, Sumenep – Dinas Kesehatan (Dinkes) optimis pencapaian Vaksinasi Covid19 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan masuk pada ambang batas minimal herd immunity (kekebalan kelompok) 50-65% di akhir tahun 2021.

Perhari ini, capaian Vaksinasi Covid19 di Kota Keris berada pada angka 39,87%. Sehingga target ambang batas minimal 50% untuk herd immunity diharapkan dapat tercapai pada akhir tahun ini.

Dalam rangka mempercepat herd immunity melalui Vaksinasi Covid19, Dinkes Sumenep kerap menjalin kerjasama dengan berbagai elemen. Salah satunya adalah dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dalam hal ini Kodim 0827/Sumenep.

Saat ditemui di kantornya, Rabu (24/11), Agus Mulyono, MCH. Kepala Dinkes Sumenep (Kadinkes) menyampaikan, selama ini Babinsa telah turut berperan aktif mensosialisasikan Vaksinasi Covid19 kepada warga desa.

“Bersama dengan Nakes (Tenaga Kesehatan, red) Puskesmas setempat, Babinsa selalu mendampingi saat kita jemput bola kepada masyarakat agar mau divaksin. Mereka juga membantu kerja Nakes dengan sosialisasi-sosialisasi yang terus dilakukan tentang manfaat Vaksinasi Covid19,” ujarnya

Kadinkes Sumenep juga mengatakan, setiap sore hari pihaknya rutin melakukan evaluasi capaian Vaksinasi Covid19 bersama dengan Dandim dan Kapolres.

“Melalui vidcon (video conference, red) setiap sore hari kita evaluasi terkait vaksinasi di Sumenep,” kata Agus Mulyono.

“Harapannya, kami dapat selalu update perkembangan Vaksinasi Covid19 di tengah masyarakat, apa problemnya, apa solusinya sehingga herd immunity diakhir tahun dapat tercapai,” harap Agus Mulyono.

Letkol Inf Nur Cholis A.Md Komandan Kodim (Dandim) Sumenep saat dihubungi via panggilan WA, Rabu sore (24/11). Membenarkan terkait peran Bintara Pembina Desa atau yang lebih dikenal dengan Babinsa mendatangi langsung masyarakat di desa-desa untuk Vaksinasi Covid19.

“Babinsa kita selalu mendatangi warga kerumahnya untuk bagaimana agar mau divaksin, kita mobile begitu juga dengan tim Kapolres,” ungkap Dandim Sumenep.

Di masa penghujan seperti sekarang, ungkap Nur Cholis, dirinya menyampaikan perlunya mendatangi masyarakat yang akan divaksin langsung kerumahnya.

“Karena kalau sudah hujan, masyarakat itu malas yang mau beraktivitas apalagi untuk mendatangi Puskesmas ,” ucapnya.

Senada dengan Kadinkes, Dandim Sumenep memiliki rasa optimis target minimal herd immunity dapat tercapai.

“InsyaAllah target herd immunity dapat tercapai dengan terus bersinerginya Dinkes, Kodim dan juga Polres dalam percepatan program Vaksinasi Covid19,” pungkas Nur Cholis.