Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pemerintahan

DPRD Sumenep Minta Pemerintah Maksimal Berdayakan UMKM

Avatar of Okedaily
1127
×

DPRD Sumenep Minta Pemerintah Maksimal Berdayakan UMKM

Sebarkan artikel ini
DPRD Sumenep Minta Pemerintah Maksimal Berdayakan UMKM
Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Irwan Hayat, S.HI. ©Okedaily.com [foto: Humas DPRD Sumenep]

SUMENEP, OKEDAILY Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, meminta pemerintah daerah serius mendampingi dan menangani pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Irwan Hayat, bahwa semua potensi perekonomian harus benar-benar digarap dengan serius, termasuk peningkatan produk UMKM di Kota Keris ini.

Ia berkeyakinan, dengan majunya UMKM di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini maka sektor perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dipastikan akan lebih jauh meningkat pula.

Baca Juga :  Berlagak Preman Mantan Kades Batuampar Aniaya Wartawan Sumenep, Ini Sikap PWRI Jatim

Selain itu ia menilai, bahwa selama ini perekonomian masyarakat Sumenep meningkat melalui produk-produk UMKM, tetapi masih butuh pendampingan yang maksimal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep.

”Saya kira tidak sedikit masyarakat Sumenep yang memiliki UMKM, itu butuh diperhatikan oleh pemerintah,” kata Irwan, sapaan karib Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep kepada awak media, Rabu 8 Mei 2024.

Dari itu, politisi muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menekankan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep sudah seharusnya benar-benar maksimal memberikan pendampingan terhadap para pelaku UMKM di Bumi Arya Wiraraja itu.

Baca Juga :  Aktivis Kepulauan Desak Polsek Sapeken Tangkap Para Pencuri Kayu Perhutani

“Jika pemerintah serius akan mendorong terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, maka pendampingan dan pemberdayaan pelaku UMKM ini harus lebih dimaksimalkan lagi, baik yang ada di kawasan perkotaan, lebih-lebih di wilayah pelosok desa. Sebab, saat ini banyak lahir pelaku UMKM di wilayah Sumenep,” ujarnya.

Kendati demikian, ia juga meminta Pemerintah Daerah agar pengembangan produk melalui digitalisasi, sehingga produk UMKM bisa bersaing dengan produk dari luar daerah.

Sebab itu, sambungnya, pemasaran produk juga perlu digenjot dengan memanfaatkan platform digital yang saat ini semakin canggih dan menjanjikan. ”Intinya adalah, bagaimana menekankan para pelaku UMKM kita menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  DPRD Sumenep Melantik PAW Anggota Dari Fraksi PKS