Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

Jangan Nunggu Sakit, Kepala Puskesmas Kalianget Himbau Masyarakat Segera Daftar UHC

Avatar of Okedaily
1
×

Jangan Nunggu Sakit, Kepala Puskesmas Kalianget Himbau Masyarakat Segera Daftar UHC

Sebarkan artikel ini
Jangan Nunggu Sakit, Kepala Puskesmas Kalianget Himbau Masyarakat Segera Daftar UHC
Kepala Puskesmas Kalianget, drg. Yenny Trisuci, M.Kes. ©Okedaily.com

OKEDAILY, MADURA Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kalianget, drg. Yenny Trisuci, M.Kes. menyambut baik program berobat gratis Pemerintah Kabupaten Sumenep atau UHC (Universal Health Coverage).

Menurutnya, dengan adanya sistem penjaminan kesehatan tersebut masyarakat dapat memiliki akses yang adil, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta bermutu tentunya dengan pembiayaan nol rupiah alias gratis, sejak 7 November 2022 lalu.

“Pastinya, UHC juga dapat membantu masyarakat agar mendapatkan jaminan kesehatan yang adil,” ujar Yenny kepada awak media saat ditemui di Kantornya, Rabu (8/2).

Baca Juga :  Kenakalan APMS Sapeken Dibenarkan Team Sidak, Pengawasan Lemah?

Dikatakan Yenny, peserta UHC di Puskesmas Kalianget tidak terlalu banyak yang mendaftar, karena di kecamatan tersebut sudah banyak yang menjadi peserta BPJS Kesehatan terutama kalangan PNS, sehingga pihaknya tidak terlalu sibuk sekali dalam bersosialisasi.

Tetapi mengenai hal itu, sambung Yenny, pihaknya telah mensosialisasikan kepada masyarakat yang akan datang berobat ke Puskesmas Kalianget baik dalam kondisi sakit maupun sehat selalu diberikan pelayanan maksimal.

“Kami akan membantu bagi pendaftar yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan hingga bisa terdaftar,” tukasnya.

Baca Juga :  Demi Kenyamanan Pasien, Standar Pelayanan RSUD Moh Anwar Sumenep Ditingkatkan

Dalam mengemban tugas, ada hal yang sangat disayangkan Yenny, bahwa masih banyak Masyarakat yang belum mendaftarkan UHC dengan bermacam alasan, misal karena kondisi masih belum sakit.

“Mestinya, mindset seperti itu harus dikesampingkan. Sebab, kuota UHC dari Pemerintah Daerah Sumenep terbatas, sehingga masyarakat tidak usah menunggu sakit untuk dijadikan peserta karena takut kuotanya sudah habis,” ungkapnya.

Adapun mengenai persoalan itu, pihaknya akan selalu membantu masyarakat yang kondisinya tidak mempunyai atau belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, sehingga akan di-UHC-kan walaupun kondisi mereka sehat atau belum sakit.

Baca Juga :  Viral Uang Kertas Pecahan Seratus Ribu Rupiah, Dinsos P3A Sumenep : Itu Uang Pribadi Bu Kabid

“Pastinya, jumlah pasien sampai bulan Januari 2023 ini, yang terdaftar hampir dua ratus orang pasien. Terpenting, kami sudah menawarkan dan tidak membatasi baik mereka miskin ataupun kaya tapi jika mereka mau mendaftar UHC kami layani,” jelas Yenny.

“Maka bagi masyarakat yang pertamakali datang ke Puskesmas, akan langsung mendapatkan pelayanan gratis karena setiap masyarakat yang membawa KTP Sumenep langsung diberikan pelayanan tanpa menunggu BPJS Kesehatan-nya, otomatis dapat pelayanan gratis,” pungkasnya.