Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

RSUD Moh Anwar Sumenep Pastikan UHC Jangkau Pasien Kemoterapi

Avatar of Okedaily
15
×

RSUD Moh Anwar Sumenep Pastikan UHC Jangkau Pasien Kemoterapi

Sebarkan artikel ini
RSUD Moh Anwar Sumenep Pastikan UHC Jangkau Pasien Kemoterapi
Arman Andika Putera, S.K.M., M.Kes. ©Okedaily.com/Bang_dJ

SUMENEP Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar, telah menyediakan fasilitas pelayanan kemoterapi. Layanan tersebut merupakan tindakan pencegahan atau pengobatan pasien yang terserang penyakit kanker.

Pantauan media okedaily.com, RSUD dr. H. Moh. Anwar ini juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan, begitu aktif mensosialisasikan tentang pelayanan kemoterapi di rumah sakit kebanggaan masyarakat kota keris. Acara tersebut berlangsung di Aula Graha Bakti Husada.

Untuk itu, masyarakat pra sejahtera tak perlu risau untuk memeriksa kesehatannya, karena hasil dari kesepakatan keduanya itu dipastikan bahwa RSUD dr. H. Moh. Anwar, dalam memberikan pelayanan kemoterapi juga terjangkau program Bupati Fauzi, yakni Universal Health Coverage (UHC).

Baca Juga :  Tak Henti Berinovasi, RSUD Moh Anwar Sumenep Buka Depo Farmasi Rawat Jalan 2

Dikatakan dr. Erliyati, selaku Direktur Utama melalui Kasi Humas RSUD dr. H. Moh. Anwar, Arman Andika Putera, S.K.M., M.Kes., agar masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan diharap mendatangi faskes terdekat untuk mendapatkan pertolongan atau layanan pertama.

RSUD Moh Anwar Sumenep Pastikan UHC Jangkau Pasien Kemoterapi
Inventaris BPJS Kesehatan terpantau parkir di depan gedung RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. ©Okedaily.com/Bang_dJ

Adapun terkait pembiayaan, sambungnya, pemerintah kabupaten Sumenep di era kepemimpinan Bismillah Melayani telah memberikan kemudahan akses kesehatan atau berobat gratis dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP-el) Sumenep. Bahkan terbaru cukup menghafal nomor induk Kependudukan atau NIK-nya.

“Jadi untuk UHC yang jelas dicover juga, demi orang-orang yang memang punya keluhan atau penyakit yang akhirnya didiagnosa kanker. UHC ini adalah salah satu cara untuk membuka akses mereka mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Arman, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga :  Ketua AWDI Sumenep Apresiasi Atas Penahanan Para Penganiaya Dua Wartawan di Kota Keris

Lebih lanjut ia bertutur, bahwa kemoterapi adalah tindakan untuk menghambat atau memperkecil, atau membatasi tindakan yang diberikan dengan obat di-tranfusi kepada pasien. Menurutnya, hal tersebut bertujuan supaya jaringan-jaringan tidak menyebar dan membesar, agar mengecil sehingga selanjutnya bisa dilakukan tindakan lanjutan pengangkatan atau dibuang dari tubuh.