Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Beragam Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444H, Ini yang Dilakukan Warga Hajoran

Avatar of Okedaily
7
×

Beragam Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444H, Ini yang Dilakukan Warga Hajoran

Sebarkan artikel ini
Beragam Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444H, Ini yang Dilakukan Warga Hajoran
Antusiasme warga Hajoran menyambut bulan suci ramadhan 1444H dengan kemeriahan pawai obor. ©Okedaily.com/Pratama

OKEDAILY, SUMUT Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah tinggal menghitung hari, beragam persiapan dilakukan umat muslim, termasuk jama’ah Masjid Siraturahim Hajoran, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1444H, ratusan warga Kampung Nelayan, Kelurahan Hajoran, Kecamatan Pandan, melaksanakan tradisi pawai obor di pelataran Masjid Siraturahim, Senin 20 Maret 2023 malam.

Diungkapkan Lurah Hajoran, Martanto Siregar S.STP. bahwa dalam pelaksanan tradisi pawai obor niat tahun kali ini diikut ratusan warga yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca Juga :  Menjelang Bulan Suci Ramadhan, PSPS Sumenep Berbagi Minyak Goreng Gratis

Acara tersebut dimulai dari Masjid Siraturahim melintasi Kampung Bugis yang dikawal oleh petugas patroli Satlantas Polres setempat. Kegiatan ini pun ramai di saksikan oleh warga setempat.

Dalam rangkaian acaranya, kata Martanto, kegiatan tersebut juga dikemas doa bersama dan penyantunan anak yatim, pembagian pulut kuning atau nasi berkat yang telah didoakan untuk masyarakat dengan cara keliling Kampung Hajoran.

Pihaknya mengucap terimakasih kepada masyarakat yang antusias memeriahkan acara tersebut hingga sukses. Selain itu dirinya mengajak warga untuk saling memaafkan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Baca Juga :  Bara JP Menyoroti Adanya Dugaan Penganiayaan Napi di Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan

“Saya mengajak warga agar saling memaafkan, agar amal ibadah kita disaat puasa nanti dapat diterima oleh Allah SWT, dan jadikan bulan ramadhan sebagai ajang introspeksi diri untuk tingkatkan ketakwaan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Badan kemakmuran Mesjid Siraturahim Hajoran, Solahudin, S.Ag. menuturkan, bahwasanya kegiatan niat tahun ini adalah tradisi turun-temurun yang sudah ada sedari dulu, serta merupakan ajang silaturahmi antara warga, pemerintah dan tokoh masyarakat.

“Dalam ukhuwah islamiah, dengan doa penyantunan anak yatim piatu, kami berharap diberikan kesehatan serta kelancaran rezeki yang berlimpah sebagai masyarakat nelayan,’ ucapnya.

Baca Juga :  BEM Nusantara Jatim Peduli Lingkungan Melalui Aksi Penghijauan

Turut hadir pada acara tersebut, Lurah Hajoran, Tokoh Masyarakat Hajoran, Para Kepala Lingkungan Hajoran, dan Kadis Kominfo Tapanuli Tengah, Darwin Pasaribu.