Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Bupati Fauzi : Dana Desa Harus Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Avatar of Okedaily
1
×

Bupati Fauzi : Dana Desa Harus Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Bupati Fauzi : Pengelolaan Dana Desa Harus Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. ©Okedaily.com/Ist

OKEDAILY, MADURA Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H., meminta pengelolaan dana desa (DD) yang dilaksanakan oleh seluruh pemerintah desa, harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hal itu ia sampaikan pada Jumat, (2/12/2022), saat menggelar Rapat Kerja Bupati bersama Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep, di Gedung KORPRI Kabupaten Sumenep, Madura.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Raih Penghargaan Ketahanan Pangan Jatim 2023

Pada kesempatan tersebut, dikatakan Bupati Fauzi, bahwa para kepala desa memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan sarana dan prasarana, baik infrastruktur maupun peningkatan perekonomian masyarakat di desa.

“Pengelolaan dana desa yang dilaksanakan seluruh desa harus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sehingga salah satu program dana itu, menyentuh kepada pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM masyarakat,” kata Bupati Fauzi, di sela-sela rapat kerjanya itu.

Baca Juga :  Pemda Sumenep Belum Ramah Penyandang Disabilitas

Dalam forum itu, Bupati Fauzi memberi saran hendaknya dana desa dimaksimalkan untuk peningkatan perputaran ekonomi masyarakat, karena desa memiliki peran strategis sebagai kunci keberhasilan pembangunan daerah dan nasional.

“Program kegiatan pembangunan tingkat desa, sebaiknya diselaraskan untuk mendukung pendapatan dan daya beli masyarakat, di antaranya dengan pemberdayaan para pelaku UMKM,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Sumenep Targetkan 25 Persen Pengguna IKD

Selain itu, Bupati Fauzi menegaskan, jajaran pemerintah daerah dan desa, harus meningkatkan sinergitas sebagai satu kesatuan paradigma dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama menyelesaikan persoalan mulai dari tingkat desa.

“Kepala desa harus mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Sumenep dengan tagline Bismillah Melayani,” harapnya.