Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

FORHATI Medan Gelar Gebyar Hari Anak Nasional, Cerdas Bermaslahat untuk Ummat

Avatar of Okedaily
×

FORHATI Medan Gelar Gebyar Hari Anak Nasional, Cerdas Bermaslahat untuk Ummat

Sebarkan artikel ini
FORHATI Medan Gelar Gebyar Hari Anak Nasional, Cerdas Bermaslahat untuk Ummat
Majelis Daerah FORHATI Kota Medan foto bersama anak-anak peserta lomba. ©okedaily.com/Pratama

OKEDAILY, SUMUT Majelis Daerah Forum Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Wati (MD FORHATI) Kota Medan berkolaborasi dengan Kelurahan Rengas Pulau, mengadakan Gebyar Hari Anak Nasional.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022 yang bertempat di Aula Kantor Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, pada Sabtu, 23 Juli 2022.

Adapun kegiatan yang mengusung bertema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini ialah bertujuan untuk memberi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Didampingi Ika Pohan, selaku Ketua Penggerak PKK atau Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Lurah Rengas Pulau, Catur Muhammad Sarjono, S.H., M.Kn. mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu kehormatan dan penghargaan yang luar biasa.

Pasalnya, MD FORHATI Kota Medan telah memilih Kelurahan yang dipimpinnya itu sebagai tempat pelaksanaan peringatan Hari Anak Nasional 2022.

“Kita sebagai orang dewasa, orang tua, para pemangku kepentingan dan pemerintah, bisa memenuhi hak-hak anak dan melindunginya agar mereka tumbuh menjadi generasi yang jujur, cerdas dan berkarakter. Selain itu, anak-anak kita juga harus sehat dan kuat sehingga Indonesia maju,” ujar Catur Muhammad Sarjono.

Ia berharap, kegiatan tersebut agar dijadikan sebagai momentum untuk memberikan hak-hak anak seperti hak pendidikan, hak kesehatan, dan hak hidup yang lebih baik sehingga menjadi penopang bagi kemajuan Negara Republik Indonesia.

FORHATI Medan Gelar Gebyar Hari Anak Nasional, Cerdas Bermaslahat untuk Ummat
Presidium MD FORHATI Kota Medan, Dr. Rosliani, M.Hum. (kanan) bersama Lurah Rengas Pulau, Catur Muhammad Sarjono, S.H., M.Kn. (kiri). ©okedaily.com/Pratama

Pada kesempatan yang sama, Presidium Majelis Wilayah (MW) FORHATI Sumatera Utara, Yenny Susanti Siregar, S.T. mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menilai, MD FORHATI Kota Medan selalu membuat kegiatan yang kreatif dan inovatif.

“Kegiatan ini dapat menginspirasi ibu-ibu untuk mendidik anak-anak menjadi lebih baik,” kata Yenny.

Baca Juga :  HMI Komisariat Al-Ishlahiyah Cabang Binjai Gelar Basic Training 2022

Dalam sambutannya, Yenny juga memberikan penguatan tentang pentingnya pendidikan layak bagi anak. Menurut dia, setiap orang tua merupakan model bagi anak-anaknya. Dari itu, ia menyarankan agar meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

“Sebagai seorang muslim, kita harus menjadikan Rasulullah sebagai contoh teladan untuk mendidik anak secara layak,” saran Yenny.

Sementara itu didampingi Sirri Hidayani, M.Si. selaku Ketua Panitia, Presidium MD FORHATI Kota Medan, Dr. Rosliani, M.Hum. menyampaikan, membina dan mendidik tunas-tunas bangsa merupakan salah satu amanah FORHATI.

Ia menyebut bahwa hal itu telah tertuang dalam Mars KOHATI (Pembina, Pendidik Tunas Muda, Tiang Negara Jaya). Selain itu, kata dia, cerdas dan bermaslahat untuk ummat adalah slogan dari MD FORHATI.

“Maka tentang penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa merupakan program prioritas, anak harus bahagia,” tukas Rosliani.

“Setiap anak, tidak memandang ras, suku, agama, golongan, termasuk yang disabilitas, bias tetap memiliki impian atau cita-cita yang bisa diraih dengan doa, semangat, serta dukungan dari keluarga,” sambungnya.

Lebih lanjut Rosliani berkata, terkait program merdeka belajar dan gerakan literasi nasional yang melibatkan sekolah, keluarga dan masyarakat, tentu diharapkan dapat mewujudkan cita-cita dan impian anak-anak.

Bagi keluarga muslim tentu harus menekankan tentang literasi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang bukan hanya dibaca, tetapi dipahami isinya untuk menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

“Selain itu tentu akan tercipta kehidupan yang harmonis dalam keluarga, masyarakat dan Negara Indonesia,” sergah dia.

Kemudian, Rosliani menambahkan, bahwa dalam kondisi sesulit apapun anak harus bergembira, bisa berkreativitas dan tetap mendapatkan perlindungan dari keluarganya.

“Seperti halnya Gebyar Hari Anak Nasional 2022 ini, mengajak semua anak untuk bergembira. Bukan anak yang memenangkan lomba saja yang dapat hadiah, tetapi semua anak-anak yang terlibat dalam kegiatan dan menjadi peserta mendapat hadiah,” tandasnya.

Baca Juga :  Erwin Dasopang Diangkat Sebagai Anggota Kehormatan Banser Kota Medan

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti Lomba Mewarnai, Hafalan Surah Pendek, dan Fashion Show dengan peserta dari anak-anak sekolah tingkat TK dan SD di sekitar Lingkungan Kelurahan Rengas Pulau.

Kegiatan tersebut juga disambut antusias oleh para orang tua dan anak-anak peserta lomba yang dengan semangatnya mengikuti rangkaian acara dari pagi hingga siang hari, pada saat pengumuman juara perlombaan.

Berdasarkan catatan panitia penyelenggara, lomba Hafalan Surah Pendek yang mendapat nilai terbaik ke-1 adalah Muhammad Aksan dari Lingkungan 35, terbaik ke-2 adalah Hafiz Al-Farisi dari Lingkungan 03, dan terbaik ke-3 adalah Afaf A. Hafunisa Harjo dari lingkungan 35.

Sedangkan nilai terbaik ke-1 pada lomba mewarnai diperoleh Mahira Khalisa H dari Lingkungan 27, terbaik ke-2 adalah M. Farits R dari lingkungan 21, dan terbaik ke-3 adalah Anindita dari Lingkungan 35.

Selanjutnya pada lomba Fashion Show yang mendapat nilai terbaik ke-1 yakni Asyilah Afiqo dari Lingkungan 03, terbaik ke-2 adalah Miftahul Jannah dari Lingkungan 19 dan terbaik ke-3 ialah Chaisa Amanda dari Lingkungan 06.

Semoga dengan Hari Anak Nasional 2022, anak Indonesia terlindungi dan Negara Indonesia maju. MD FORHATI Kota Medan, Cerdas Bermaslahat untuk Umat.

>>> Dapatkan Update Informasi Pilihan Setiap Hari, Dengan Bergabung di Grup Telegram OKEDAILY.COM Update. Caranya >Klik Disini< dan Join. Pastikan Anda Telah Menginstal Aplikasi Telegram Terlebih Dahulu di Ponsel.