Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Opini

Kenaikan Beras di NTT, Pemerintah Harus Cepat Menstabilkan

Avatar of Okedaily
×

Kenaikan Beras di NTT, Pemerintah Harus Cepat Menstabilkan

Sebarkan artikel ini
Kenaikan Beras di NTT, Pemerintah Harus Cepat Menstabilkan
Dok. Putra Umbu Toku Ngudang. ©Okedaily.com

OKEDAILY.COM Beras merupakan bahan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dengan harga yang tinggi tentu dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Adapun harga beras naik karena beberapa faktor, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak, perusahaan cuaca yang tidak menentu, peningkatan permintaan beras dari negara lain, dan musim kemarau.

Tentunya dampak yang terjadi akibat naiknya harga beras di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan  kenaikan harga barang dan jasa lainnya, akan mempengaruhi tingkat inflasi yang meningkat, dan peningkatan tingkat kemiskinan yang semakin tajam.

Baca Juga :  BEM Nusantara NTT Mengecam Penggusuran Rumah dan Tindakan Represif Aparat Terhadap Masyarakat Besipae

Dengan melihat rata-rata harga di Kabupaten/Kota se-NTT, eceran beras sudah menembus Rp 15.000 per kilogram. Kemungkinan bisa lebih dan tak terkendali akan kenaikannya.

Dengan ini perlu gerak cepat dari pemerintah untuk mengendalikan harga pasaran dengan melakukan pengawasan terhadap penetapan harga/kilo, agar tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan krisis ini dengan menaikkan harga tak wajar dengan semaunya.

Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/Kota di NTT perlu mengambil beberapa tindakan cepat untuk mengatasi naiknya harga beras untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya, memberikan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga :  September, Mencatat Demonstrasi Mahasiswa

Momentum kelangkaan ini harus kita pikirkan bersama agar menjadi dorongan petani dapat meningkatkan produksi beras, dengan bantuan teknis dan modal yang diberikan oleh pemerintah atau pihak swasta.

Mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada seperti pejabat pemerintah, ahli ekonomi, atau petani yang menjelaskan mengenai dampak naiknya harga beras, dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Naiknya harga beras merupakan masalah yang kompleks dan memerlukan tindakan yang tepat dari pemerintah dan semua pihak terkait untuk mengatasinya. Sebagai masyarakat Indonesia, kita juga dapat membantu dengan mengurangi konsumsi beras yang berlebihan dan membeli beras dengan harga yang wajar.

Baca Juga :  Suara Lain dan Literasi Politik Lekra

Ketersediaan beras yang cukup dan harga yang stabil sangat penting untuk menjaga ketahanan pangan dan keamanan nasional. Maka pemerintah dan semua pihak terkait harus bekerja sama untuk memastikan ketersediaan beras yang cukup dan harga yang stabil.

Penulis : Putra Umbu Toku Ngudang
Koordinator Daerah BEM Nusantara NTT, dan Ketua BEMPT Undana

Tulisan opini ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab penulis, dan tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi media okedaily.com.

Kanal opini media okedaily.com terbuka untuk umum. Maksimal panjang naskah 4.000 karakter, atau sekitar 600 kata.

Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri anda dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Kirim ke alamat e-mail: opini@okedaily.com.