Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kriminal

Meresahkan Masyarakat, Satlantas Polres Sampang Amankan Puluhan Kendaraan Roda Dua

Avatar of Okedaily
8
×

Meresahkan Masyarakat, Satlantas Polres Sampang Amankan Puluhan Kendaraan Roda Dua

Sebarkan artikel ini
Meresahkan Masyarakat, Polres Sampang Amankan Puluhan Kendaraan Roda Dua
Personil Satlantas Polres Sampang saat dorong puluhan sepeda motor pelanggar. ©Okedaily.com/Rara

OKEDAILY, MADURA Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, S.H., M.H. melalui Kasi Humas Polres Sampang IPDA Sujianto, S.H., menyampaikan bahwa jajarannya telah mengamankan sejumlah kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Hal itu terjadi lantaran tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, meliputi penggunaan ban racing dan knalpot brong, serta tanpa kaca spion dan kelengkapan surat, baik tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) maupun surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Diketahui, kendaraan yang berhasil diamankan Polres Sampang yaitu berjumlah 22 sepeda motor, yang disinyalir akan dipergunakan balap liar. Adapun lokasi kejadian tersebut, yakni di Jl. Halim Perdana Kusuma dan terutama di kawasan Sampang Kota, Rabu (8/3).

Baca Juga :  Warga Tanjung Rejo Ditangkap Polsek Medan Baru Atas Kasus Penggunaan Narkotika

“Dari puluhan motor yang diamankan Satlantas Polres Sampang, didominasi kendaraan Suzuki Satria FU yang sudah dimodifikasi untuk balapan terlihat dari penggunaan ban racing, knalpot brong, tanpa spion dan tidak dilengkapi TNKB dan saat diamankan tidak dapat menunjukkan STNK,” ujar Sujianto.

Kemudian, personil yang sedang melaksanakan penertiban aksi balap liar, langsung menerbitkan surat tilang kepada para pengendara itu, sesuai dengan jenis pelanggaran masing-masing. Sedangkan barang bukti, telah diamankan di Jl. Trunojoyo No.95 Sampang, Kantor Satlantas Polres Sampang.

Meresahkan Masyarakat, Polres Sampang Amankan Puluhan Kendaraan Roda Dua
Deretan motor pelanggar yang berhasil diamankan Satlantas Polres Sampang. ©Okedaily.com/Rara

Dijelaskan Sujianto, penertiban aksi balapan liar tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan Jum’at Curhat Kapolres Sampang dan PJU Polres Sampang, di Kawasan Kecamatan Sampang Kota yang sering dikeluarkan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Demo 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin Kepala Kader HMI Mataram Bocor, PB HMI : Kapolri Evaluasi Kapolda NTB

“Setiap kegiatan Jum’at Curhat, hampir seluruh masyarakat mengeluhkan bisingnya suara knalpot brong dari aksi balap liar di jalan Halim Perdana Kusuma atau JLS, kepada bapak Kapolres Sampang karena selain mengganggu pengguna jalan, aksi balapan liar bisa menimbulkan kecelakaan,” ungkapnya.

Disaat mendengarkan curahan hati masyarakat pada kegiatan Jum’at Curhat, Kapolres Sampang langsung memerintahkan Kasat Lantas, Kasat Samapta dan Kasat Binmas untuk menindak tegas para pelaku balapan liar yang telah mengusik kenyamanan warga setempat.

Selain itu, Kapolres Sampang juga meminta agar dilaksanakan kegiatan pencegahan dengan patroli jalan raya, sekaligus memberikan himbauan para remaja yang nongkrong di akses baru tersebut, khususnya tempat keramaian masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang meresahkan.

Baca Juga :  Pesta Miras Berujung Maut Istri di Celukan Bawang

Menjelang bulan suci Ramadhan 1444H, Polres Sampang akan memasifkan patroli jalan raya guna menjaga terjadinya aksi balap liar, sekaligus mencegah aksi kejahatan jalanan lain, khususnya di Jl. Halim Perdana Kusuma dan Jl. Makboel.

“Khusus di jalan tersebut, tepatnya saat menjelang berbuka puasa agar tercipta Kamtibmas wilayah yang aman, damai dan kondusif,” tutup Sujianto, kepada awak media.