Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Pemuda Brakacu Berbagi 1.200 Bibit Pohon Gratis, Berikut Manfaatnya

Avatar of Okedaily
×

Pemuda Brakacu Berbagi 1.200 Bibit Pohon Gratis, Berikut Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Pemuda Brakacu Berbagi 1.200 Bibit Pohon Gratis, Berikut Manfaatnya
Pemuda Brakacu Raas pada saat pembagian bibit pohon kepada masyarakat. ©Okedaily.com/Hain

OKEDAILY, SUMENEP Pemuda Brother Karangnangka Chuberek (Brakacu) membagikan 1.200 bibit pohon secara gratis kepada seluruh masyarakat Desa Karangnangka, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Rabu (19/04/23).

Pasalnya, hal ini merupakan upaya pemuda Brakacu untuk kesejahteraan masyarakat Desa Karangnangka. Adapun yang dibagikan tersebut diantaranya ialah bibit pohon Sirsak, Nangka, Jambu Kristal, Krodokan, Cemara laut, pete, durian dan Kayu Putih.

Pantauan di lapangan, berkenaan dengan teknis pendistribusiannya dihantarkan langsung ke rumah masyarakat. Selain bibit pohon yang dibagikan, juga terdapat bagi-bagi takjil gratis menjelang buka puasa.

Baca Juga :  Polres Ciamis Kembali Bagikan Takjil Kepada Pengguna Jalan

Disampaikan Ketua Umum Pemuda Brakacu, Taufik, bahwa semua itu dilakukan tak lain hanya untuk meremajakan kembali kondisi alam dan juga dalam rangka mencanangkan program jangka panjang mewarisi potensi penghijauan di Desa setempat.

“Tekad yang kuat dalam mewujudkan cita-cita tersebut tidak hanya wacana belaka. Melainkan dapat direalisasikan dengan tindakan konkret,” tegas pria kelahiran Desa Karangnangka itu kepada awak media Okedaily.com.

Taufik juga menegaskan, bahwa gerakan berbagi bibit gratis kepada masyarakat ini untuk mendukung program penghijauan lingkungan, meningkatkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor kehutanan.

Baca Juga :  Bencana Gempa Bumi Yang Melanda Taput, KNPI Binjai Turut Berikan Donasi

“Dari hasil yang kami dapat kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali, melainkan akan diselenggarakan secara berkala guna melihat kedepannya hasil dari penghijauan di alam sekitar Desa tercinta kami,” tandanya.

Pemuda Brakacu Berbagi 1.200 Bibit Pohon Gratis, Berikut Manfaatnya

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Karangnangka, Ust. Mansur mengapresiasi atas kegiatan pembagian bibit gratis tersebut oleh pemuda Brakacu.

“Dengan adanya bantuan bibit buah gratis insyallah dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa terhadap masyarakat, dan dapat menghindari ancaman terhadap kerusakan lingkungan untuk beberapa tahun kedepannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Lazisnu Situbondo Bagikan Sembako Hingga Pelosok Desa

Untuk diketahui, dikutip berbagai sumber terpercaya menyebutkan bahwa buah-buahan adalah sumber nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah-buahan untuk kesehatan tubuh adalah :

Menjaga kesehatan jantung: Buah-buahan kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan: Buah-buahan mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Gandeng BPRS Bhakti Sumekar Operasi Pasar, Ini Tujuannya

Menjaga kesehatan kulit: Buah-buahan kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah keriput, dan mengurangi risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Buah-buahan mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi dan penyakit.

Menjaga kesehatan mata: Beberapa jenis buah-buahan seperti blueberry dan wortel mengandung vitamin A dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Baca Juga :  Tiga Pemateri Handal Mengisi Diskusi Kepemudaan DPD Gemura Sumut

Membantu menurunkan berat badan: Buah-buahan rendah kalori dan kaya akan serat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat metabolisme dan memperlancar pencernaan.

Meningkatkan kesehatan otak: Beberapa jenis buah-buahan seperti blueberry dan strawberry mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah kerusakan sel saraf.

Menjaga kesehatan tulang: Buah-buahan kaya akan nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga :  PKN Sumenep Resmi Daftarkan 50 Orang Bacaleg ke KPUD Setempat

Kendati demikian, dalam konsumsinya disarankan oleh para pakar untuk mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.