Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pariwisata

Bangkitkan Pariwisata Sumut, KMDT Sukses Gelar FGD dan Pameran di Medan

Avatar of Okedaily
13
×

Bangkitkan Pariwisata Sumut, KMDT Sukses Gelar FGD dan Pameran di Medan

Sebarkan artikel ini
Bangkitkan Pariwisata Sumut, KMDT Sukses Gelar FGD dan Pameran di Medan

MEDAN – Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) gelar Forum Grup Discussion (FGD) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Sabtu (05/02).

FGD tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Gubernur Sumut diwakili oleh Dr. Binsar Situmorang, Direktur Utama BPODT Jimmi Panjaitan, dan Dedi Siregar Serta Bupati Tapanuli Utara.

Tak hanya itu, turut hadir juga Koordinator KMDT Se-Kawasan Danau Toba, Nikson Nababan Bupati Samosir Vandiko Gultom, Ketua DPW KMDT Terpilih DPP KMDT Prof. Dr. Rer Nat Binari Manurung, M.Si, serta Prof. Dr. Sihol Situngkir, Prof. Dr. Maidin Gultom.

Bangkitkan Pariwisata Sumut, KMDT Sukses Gelar FGD dan Pameran di Medan

Ketua Umum KMDT, St Edison Manurung menyampaikan, maksud FGD tersebut digelar untuk memberikan penjelasan dan masukan yang baik kepada masyarakat terutama berada di kawasan Danau Toba.

“Betapa pentingnya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat untuk lebih memperkenalkan wisata Danau Toba ke mancanegara,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya menjelekan bahwa KMDT sebagai garda terdepan dalam mengembangkan wisata Danau Toba, dengan mencoba membangkitkan ekonomi kreatif melalui FGD ini.

Baca Juga :  Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Fauzi Dukung Lomba Burung Puter Pelung

Tentunya, kata dia, semangat dari Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif akan memberikan pencerahan bagi masyarakat dikawasan Danau Toba, sehingga bisa lebih kreatif lagi dalam menciptakan kreasi-kreasi hasil dari kerajinan masyarakat.

Palaksnaan FGD ini dikemas apik oleh KMDT, dengan tajuk ‘Percepatan Destinasi Pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif’.

Baca Juga :  Mengusung Konsep Pentahelix Tourism, Festival Desa Wisata Sumenep 2024 Digelar, Berikut Jadwalnya

Selanjutnya, usai pelaksanaan FGD itu juga akan diadakan Pameran Ulos dan UMKM kerja sama dengan yesDekranasda Pemprov Sumut. Pameran tenunan ulos merupakan produk khas dari masyarakat sekitar Danau Toba.

“Dalam pameran tenunan Ulos hari ini, sebagai bentuk kepedulian kami mengangkat kearifan lokal Sumatera Utara, maka perlu dikenal masyarakat luas Ulos dan UMKM agar kedepan bisa meningkatkan ekonomi pengrajin ulos dan UMKM di sumut,” Katanya.

Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sumut atas fasilitas tempat untuk gelar produk sebanyak 10 UKM, yang terdiri dari 6 binaan KMDT dan 4 dari Dekranasda Pemprovsu.

“Kami dari KMDT dan Panitia Audensi sangat mengapresiasi terhadap ibu Gubernur Sumut,” ucapnya.

Terakhir, menambahkan, FGD ini menjadi salah satu bagian penting, dimana nantinya akan dibahas berbagai hal Serta masukan guna mendorong percepatan pembangunan kawasan Danau Toba, untuk menjadi salah satu destinasi wisata yang mendunia di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Rencananya dari hasil Forum grup discussion (FGD) ini akan Dirangkum dan disampaikan sebagai bahan masukan kepada Presiden Jokowi,” pungkas edison.

Pantai Lombang Destinasi Wisata Eksotis di Sumenep yang Potensial
Pariwisata

“Dengan komitmen yang kuat ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap Pantai Lombang dapat menjadi daya tarik wisata yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian serta kesejahteraan masyarakat setempat,” kata H. Mohammad Iksan.