Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pariwisata

Pantai Lombang Destinasi Wisata Eksotis di Sumenep yang Potensial

Avatar of Okedaily
6150
×

Pantai Lombang Destinasi Wisata Eksotis di Sumenep yang Potensial

Sebarkan artikel ini
Pantai Lombang Destinasi Wisata Eksotis di Sumenep yang Potensial
Sensasi Berkuda di Pantai Lombang yang Memukau. ©Okedaily.com [dok. Bongkar]

OKEDAILY – Pantai Lombang adalah salah satu objek wisata pantai favorit yang terletak di Kabupaten Sumenep, ujung timur Pulau Madura. Pantai ini memiliki beberapa keunikan yang membuatnya menjadi destinasi menarik bagi wisatawan lokal maupun turis dari luar daerah yang ingin menikmati keindahan alam dan ketenangan pantai.

Salah satu keunikan dari Pantai Lombang ini terkenal dengan hutan Cemara Udangnya yang tumbuh di sepanjang pantai. Pohon-pohon tersebut memberikan pemandangan yang khas dan menarik menambah keindahan serta kesejukan pantai. Suasana tersebut sangat cocok untuk relaksasi dan melepaskan stres.

Hamparan pasir putihnya yang halus, Pantai Lombang memberikan pengalaman berjalan kaki yang menyenangkan dan nyaman bagi pengunjung. Beragam aktivitas wisata juga dapat dinikmati di sini, mulai dari berperahu dan memancing, hingga bersantai menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Selain menjadi destinasi yang unik karena kombinasi antara keindahan alam dan suasana yang tenang serta nyaman, Pantai Lombang memiliki air laut yang jernih dengan balutan ombak yang relatif tenang, sehingga cocok untuk berenang dan bermain air, terutama bagi keluarga dengan anak-anak.

Baca Juga :  Kebiadaban Mantan Kepala Desa Batuampar Pelaku Penganiayaan Wartawan Sumenep

Keindahan Pohon Cemara Udang di Pantai Lombang

Pohon Cemara Udang di Pantai Lombang, merupakan salah satu daya tarik wisata alam yang unik dan menakjubkan karena memiliki bentuk dan struktur yang khas, berbeda dari cemara pada umumnya, dengan cabang-cabang yang melengkung dan terkadang menjuntai ke tanah, menciptakan suasana yang eksotis dan dramatis.

Pantai Lombang Destinasi Wisata Eksotis di Sumenep yang Potensial
Hamparan pasir putih Pantai Lombang diselimuti pohon Cemara Udang. ©Okedaily.com/Ist

Keindahan pohon Cemara Udang yang tumbuh subur di sepanjang Pantai Lombang memberikan pemandangan yang menyejukkan mata dan menambah estetika alami dari pantai tersebut.

Keberadaan pohon Cemara Udang di Pantai Lombang tidak hanya menambah keindahan alam, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam aspek ekologi dan konservasi. Tumbuhan tersebut membantu menjaga kestabilan pasir pantai, dan juga memberikan habitat bagi berbagai jenis burung dan hewan kecil lainnya.

Secara keseluruhan, pohon Cemara Udang di Pantai Lombang adalah salah satu aset alam yang sangat berharga dan patut untuk dilestarikan dan dinikmati keindahannya oleh semua kalangan, terutama Pemerintah setempat.

Baca Juga :  DPRD Sumenep Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil APBD 2022

Sensasi Berkuda di Pantai Lombang

Berkuda di Pantai Lombang adalah salah satu aktivitas yang sangat populer dan menyenangkan bagi pengunjung. Mengelilingi pantai dengan menunggangi kuda dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan tentunya.

Aktivitas menunggang kuda di Pantai Lombang, tentu menawarkan pengalaman yang unik karena pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil merasakan sensasi berkuda di tepi laut, terutama saat matahari terbenam.

Biasanya, sangat mudah mendapati penyedia jasa penyewaan kuda di sekitar Pantai Lombang yang siap membantu pengunjung untuk berkuda. Mereka juga akan memberikan panduan dan tips berkuda untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pengunjung.

Oleh karenanya, jika anda merencanakan kunjungan ke Pantai Lombang yang eksotis tersebut, pastikan untuk mencoba aktivitas berkuda ini dan menikmati keindahan alam serta suasana yang ditawarkan.

Baca Juga :  Budaya Karapan Kambing Angkat Potensi Lokal Menjadi Wisata Unggul

Pantai Lombang Cocok Untuk Prewedding

Pengunjung Pantai Lombang sering kali menikmati suasana teduh di bawah pohon-pohon Cemara Udang yang rindang, dan sambil menikmati angin laut yang sejuk. Selain itu, salah satu nilai lebih dari lokasi tersebut juga memberikan latar belakang yang indah untuk fotografi, baik untuk foto pribadi maupun fotografi profesional.

Pemandangan alami Pantai Lombang dengan memiliki hutan Cemara Udang dan pasir putih yang bersih, serta air laut yang jernih merupakan alasan yang tepat untuk dipilih pengusaha Wedding Organizer. Kombinasi tersebut akan menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto prewedding yang romantis dan alami.

Salah satu ciri khas Pantai Lombang adalah deretan pohon Cemara Udang yang tumbuh di sepanjang pantai. Pohon-pohon ini memberikan nuansa unik dan eksotis yang jarang ditemukan di pantai lain, sehingga dapat menambah keindahan foto.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau, tak luput dari sajian Pantai Lombang yang bisa menambah sentuhan magis pada foto prewedding. Pantai ini relatif sepi dan tenang dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya yang lebih populer, sehingga memberikan privasi lebih untuk sesi foto.

Baca Juga :  Pariwisata Sumenep Terhambat Akibat OPD Terkait Sedang Sakit?

Untuk mendapatkan hasil foto prewedding yang optimal di Pantai Lombang, pertimbangkan untuk menyewa fotografer profesional yang familiar dengan lokasi ini. Juga pastikan untuk mengunjungi pantai terlebih dahulu guna menentukan spot-spot terbaik dan merencanakan waktu pengambilan foto sesuai dengan pencahayaan alami yang paling baik.

Kendati demikian, jika anda mencari suasana yang lebih privat, disarankan untuk datang pada hari kerja atau di luar musim liburan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti payung atau tenda kecil untuk beristirahat di antara sesi foto.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep Membangun Pantai Lombang

Berbagi fasilitas di sekitar Pantai Lombang terus dikembangkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Ditangan pemimpin muda bernama Achmad Fauzi Wongsojudo, Pemerintah Kabupaten Sumenep memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan Pantai ini sebagai destinasi wisata unggulan di wilayah tersebut. Upaya pengembangan ini mencakup berbagai aspek.

Baca Juga :  Perbaikan dan Peningkatan Infrastruktur Kepulauan Disepakati Semua Fraksi DPRD Sumenep Dalam Rapat Paripurna

Salah satu komitmen Bupati Sumenep yang akrab disapa Bupati Wongsojudo, Pemerintah Kabupaten Sumenep terus memperbaiki dan membangun infrastruktur dasar seperti jalan menuju Pantai Lombang, fasilitas parkir, dan penerangan jalan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi wisatawan.

Adapun lainnya yakni penambahan fasilitas wisata seperti gazebo, area bermain, tempat makan, dan kamar mandi umum juga dilakukan semata-mata untuk kenyamanan wisatawan. Selain itu, penyediaan fasilitas kebersihan seperti tempat sampah juga ditingkatkan guna menjaga kebersihan Pantai Lombang.

Dikalimatkan Bupati Wongsojudo, melalui Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, H. Mohammad Iksan, pengembangan Pantai Lombang juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal. Pemerintah Kabupaten Sumenep mendorong partisipasi masyarakat melalui pemberdayaan usaha kecil dan menengah, seperti penjualan makanan lokal dan cendera mata khas Sumenep.

Baca Juga :  Lembaran XIV, Legalisasi Seragam Macan Hingga Perbudakan

“Dengan komitmen yang kuat ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap Pantai Lombang dapat menjadi daya tarik wisata yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian serta kesejahteraan masyarakat setempat,” kata H. Mohammad Iksan.

Dalam upaya menjaga kelestarian Pantai Lombang, Pemerintah Kabupaten Sumenep melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan sadar akan pelestarian lingkungan, seperti penanaman pohon mangrove dan kampanye kebersihan pantai.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep gencar melakukan promosi pariwisata baik melalui media sosial, pameran pariwisata, maupun kerjasama dengan agen travel. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung dari dalam maupun luar daerah dan mancanegara.

Simak berita update kami langsung di ponsel anda melalui saluran OKEDAILY Channel, KLIK DISINI.