Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Jumat Berkah, IPNU Sumatera Utara Berbagi

Avatar of Okedaily
×

Jumat Berkah, IPNU Sumatera Utara Berbagi

Sebarkan artikel ini
Jumat Berkah, IPNU Sumatera Utara Berbagi

MEDAN – Beragam komunitas masyarakat di Kota Medan tergerak untuk membantu sesama. seperti hal yang dilakukan Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Sumatera Utara, dengan membagikan makan gratis.

Ratusan bungkus makanan siap saji dibagikan rutin setiap jumat setelah selesai sholat. Seperti yang diterangkan oleh Sekretaris PW IPNU Sumatera Utara, Soeandi Malik, di sela-sela kegiatan rutin Jumat Berkah itu.

“Hari ini, kita bagikan 50 nasi bungkus dengan menu ayam goreng, tempe goreng, dan buah, Semoga kegiatan Jumat Peduli ini bisa mencakup sejumlah lokasi di Simpang Jalan UNIMED,” terang Soeandi Malik, Jumat (1/4).

IPNU Sumatera Utara merupakan gabungan dari anggota Kader IPNU selaku penggagas kegiatan Jumat Berkah tersebut, di Jl. William Iskandar, Pancing, Medan Tembung, Kota Medan.

“Dana yang diberikan dari para donatur disalurkan lagi ke warga yang membutuhkan melalui pemberian nasi box agar bisa membantu saudara kita bagikan ke seluruh masyarakat yang melintas gratis,” ujarnya.

Sekwil IPNU Sumatera Utara juga menyampaikan, keutamaan bersedekah di hari Jumat ini bahkan telah dijelaskan secara langsung dalam hadist Rasulullah SAW. Bahkan bersedekah di hari Jumat dikatakan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda.

“Sodaqoh di hari jumat itu akan dilipatgandakan, dan makna sodaqoh adalah semua tidak terkecuali,” ucap Soeandi, menirukan Hadits Riwayat Ibnu Abi Shaybah.

Jika dijabarkan secara terperinci, ada enam keutamaan yang bisa didapatkan dari bersedekah, terutama berbagi makanan di hari Jumat :

Baca Juga :  Sambut Ramadhan 1444H, Fungsionaris Golkar Kota Malang Bagikan Sembako Gratis

1. Pahala Berlipat
Mengingat hari Jumat dikatakan sebagai hari terbaik, maka banyak ulama yang mengatakan semua pahala dan ganjaran akan dilipatgandakan. Hal ini juga termasuk bersedekah.

Allah SWT akan menambahkan rezeki bagi siapa saja yang ingin bersedekah. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, “dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.”

2. Memudahkan Rezeki
Sedekah di hari Jumat niscaya akan memberikan pertolongan yang tidak akan pernah bisa diduga. Tidak akan membuat seseorang jatuh miskin, bersedekah justru dikatakan mampu mendatangkan rezeki yang lebih banyak lagi.

“Barangsiapa yang bersedekah dengan senilai satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerima dengan tangan kananNya.

Kemudian Allah SWT mengembakbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah. Seperti salh satu diantara kalian mengambakbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung,” Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.

3. Keistimewaan
Sedekah pada hari Jumat dikatakan jauh lebih mulia dibandingkan dengan hari lain. Bahkan perbandingan sedekah di hari Jumat diibaratkan seperti sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di bulan yang lain.

“Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lainnya adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan sedekah di bulan-bulan lainnya,” Ibnu Qayyim.

5. Memperkuat Keimanan
Ibadah merupakan sebuah bentuk pengabdian seorang hamba kepada Allah SWT. Termasuk bersedekah dengan memberikan makanan kepada orang lain di hari Jumat.

Baca Juga :  KNPI Binjai Ajak Masyarakat Tumbuhkan Jiwa Kebangsaan Melalui Gebyar Merah Putih

Bersedekah dengan niat beribadah di hari Jumat dikatakan akan semakin menumpuk keimanan seseorang kepada Allah SWT. Bersedekah di hari Jumat dengan niat beribadah karena Allah SWT juga dikatakan akan mempertebal ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

6. Mengikat Tali Silaturahmi
Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya manusia yang satu dengan manusia yang lainnya saling membantu. Memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan merupakan suatu praktik kehidupan bersosial yang sangat mulia.

Kesulitan tidak bisa diprediksikan kapan akan datang dan melanda. Bersedekah, terutama di hari Jumat dikatakan akan mampu menambah keluarga baru, kerabat baru dan bahkan hingga teman baru yang mungkin akan dibutuhkan kelak.

Diketahui menurut Soeandi, kegiatan Jumat Berkah IPNU Sumatera Utara ini, sudah berlangsung selama 15 pekan. Kegiatan ini pun terselenggara atas dukungan dari para donatur.

“lhamdulillah jumlah nasi bungkus yang dibagikan terus bertambah. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang,” pungkas Soeandi.