Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Memupuk Rasa Cinta Pahlawan, GP Ansor Buleleng Gelar Lomba Orasi Bung Tomo

Avatar of Okedaily
19
×

Memupuk Rasa Cinta Pahlawan, GP Ansor Buleleng Gelar Lomba Orasi Bung Tomo

Sebarkan artikel ini
Memupuk Rasa Cinta Pahlawan, GP Ansor Buleleng Gelar Lomba Orasi Bung Tomo
Salah satu peserta lomba orasi Bung Tomo dalam rangka memeriahkan hari pahlawan nasional 10 November 2022. ©Okedaily.com/Wandy Halona

OKEDAILY, BALI Tepat di Hari Pahlawan, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Kementrian Agama Kabupaten Buleleng Bidang Seksi Pendidikan Islam, mengadakan lomba orasi Bung Tomo, Kamis (10/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Sasana Budaya tersebut, menampilkan para finalis yang sebelumnya telah melewati seleksi cukup ketat.

Menurut Ketua PC GP Ansor Buleleng yang juga pelaksana teknis dalam kegiatan ini, Abdul Karim Abraham mengatakan bahwa lomba kali ini diikuti oleh utusan MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA se-Kabupaten Buleleng, yang kesemuanya berjumlah 68 kontestan.

Baca Juga : Rektor Ummat Bekukan SK DPM dan BEM, Khairul : Bukan Langkah yang Tepat

Secara teknis penilaian, lanjut Karim, peserta di masing-masing tingkat tersebut, mengirim orasi mirip Bung Tomo melalui video. Kemudian semua video yang masuk ke panitia diupload melalui kanal YouTube Ansor Buleleng.

Baca Juga :  Tanpa Canggung, Polwan Cantik Karawang Ini Bagi-Bagi Santap Sahur

“Kemudian tim penilai telah memilih 6 peserta terbaik di masing masing tingkatan untuk dilombakan pada hari ini. Selain itu, kita juga akan mengumumkan peserta terfavorit berdasarkan view terbanyak di youtube,” jelasnya.

Lomba orasi ini, Karim melanjutkan, sengaja mengambil tokoh Bung Tomo. Sebab, sosok Bung Tomo mampu memantik semangat para pemuda Indonesia yang kala itu berada di surabaya untuk melakukan perlawanan terhadap sekutu Belanda.

Baca Juga : Tidar Bali dan Gerindra Dentim Gelar Donor Darah

“Meski demikian, peperangan 10 November ini tidak akan terjadi jika tidak ada resolusi jihad NU yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945. Jadi pada saat itu Bung Tomo berorasi sudah mendapat restu dari Kyai Hasyim Asy’ari,” jelasnya.

Baca Juga :  MPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Jazilul Fawaid: Bali Simbol Kerukunan Umat Beragama
Memupuk Rasa Cinta Pahlawan, GP Ansor Buleleng Gelar Lomba Orasi Bung Tomo
Ketua GP Ansor Kabupaten Buleleng, Abdul Karim Abraham saat menyerahkan Piagam kepada pemenang lomba orasi Bung Tomo. ©Okedaily.com/Wandy Halona

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kabupeten Buleleng, H. Lewa Karma, mengungkapkan penampilan siswa-siswi yang memukau ini tidak lepas dari para pembina yang bekerja keras.

“Tampil di depan umum ini tidak mudah, apalagi dengan menghafal teks orasi yang cukup panjang. Mudah-mudahan ketekunan para pembimbing ini, bisa melahirkan anak didik yang nanti bisa menjadi pemimpin masa depan,” jelasnya sebelum menutup acara ini.

Baca Juga : Armatim Minta Kapolri Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Berikut hasil Finalis Lomba Orasi Bung Tomo, untuk tingkat MI/SD, Juara 1 Johan Evander Benedict (SDN 3 Sumberkima), Juara 2 Muhamad Rezman Azzam (MIN 2 Buleleng), Juara 3 Syifa Azzahra Wijaya (MIN 5 Buleleng). Sedangkan untuk Harapan 1-3, Alif Maulana Irkin Sahbandi (MI Nurun Najah), Atha Zahrania (MIN 3 Buleleng), M. Reevan Nafidz Jayadi (MIT Mardhatillah).

Baca Juga :  Pelantikan PC SEMMI Kota Binjai Sekaligus Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Untuk tingkat MTs/SMP, Juara 1 Nazila Fitriani (MTsN 2 Buleleng, Juara 2 Azqia Syafira Ahzar (MTsN 1 Buleleng), Juara 3 Dina Agustin (MTs Nurul Huda Gondol). Harapan 1 Putri Adinda Rosalia (SMPN Satu Atap Gerokgak), Harapan 2 Andi Saka Fathurrahman (MTs Nurul Huda Gondol)

Untuk tingkat MA/SMA/SMK, Juara 1 Deni Nur Zackia Putri (MAN Buleleng), Juara 2 Wulandari (MA Attaufiq Singaraja), Juara 3 Ahmad Razab (MA Syamsul Huda Tegallinggah). Harapan 1-3, Suhailatul Muna (MA Miftahul Ulum Pegayaman), Siti Nur Fadilah (MA Sunan Ampel), Sultan Ma’ruf (MA Sunan Ampel)

Sementara untuk Juara Favorit tingkat SD/MI adalah Viola Keisha Putri Ahmad dari SDN 4 Sumberkima, tingkat MTs/SMP Dina Agustin dari Mts Nurul Huda Gondol, dan Tingkat MA/SMA/SMK diraih oleh Deni Nur Zackia Putri dari MAN Buleleng.