Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Pemkab Sumenep Gelar Lomba Puisi dan Pidato Karya Bung Karno

Avatar of Okedaily
42
×

Pemkab Sumenep Gelar Lomba Puisi dan Pidato Karya Bung Karno

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sumenep Gelar Lomba Puisi dan Pidato Karya Bung Karno
Bupati Wongsojudo, saat membaca puisi dan pidato karya Bung Karno di Pendopo Agung Keraton Sumenep. ©Okedaily.com/Bang_dJ

SUMENEP, OKEDAILY Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH., MH. tampil memukau saat pembukaan Lomba Puisi dan Pidato Karya Bung Karno, yang berlangsung khidmat di Pendopo Agung Keraton Sumenep, pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Diketahui, acara tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Wartawan Online (DPD IWO) Kabupaten Sumenep bersama Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Madura.

Berdasarkan informasi yang diterima redaksi okedaily.com, Lomba puisi dan pidato karya Bung Karno ini merupakan serangkaian kegiatan Sumenep Calendar of Event 2024, yakni Bulan Bung Karno.

Baca Juga :  Memperingati Harlah ke-5, KSB Peduli Dhuafa dan Anak Yatim Piatu

Bulan Bung Karno, adalah peringatan tahunan yang berlangsung pada bulan Juni untuk menghormati jasa-jasa dan warisan atau karya Presiden pertama Indonesia, Ir. H. Soekarno, yang terkenal dengan sebutan Bung Karno.

Pada bulan tersebut khususnya Kota Keris di Pemerintahan Bupati Wongsojudo sapaan karib Bupati Sumenep itu, berbagai kegiatan dan acara diselenggarakan untuk mengenang kontribusinya terhadap kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia.

Peringatan ini termasuk hari kelahiran Bung Karno pada 6 Juni, dan beberapa peristiwa penting lain yang berkaitan dengan kehidupannya pun turut serta disemarakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Baca Juga :  Ayam Jago Vs Ayam Pedaging, Markus Teriak Markus?

Beberapa contoh puisi dan pidato karyanya yang terkenal diantaranya, adalah Puisi “Aku Melihat Indonesia”. Puisi ini mengungkapkan rasa cinta Bung Karno kepada tanah air, dan harapannya terhadap masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, karyanya yang masih populer ialah Pidato 1 Juni 1945 yang lebih dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila. Pidato ini ia sampaikan, di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI, dan menjadi salah satu pidato terpenting dalam sejarah Indonesia karena memperkenalkan konsep Pancasila.

Selanjutnya, Bung Karno juga disebut sebagai Bapak Proklamator karena perannya saat Pidato Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, yang mengumumkan tentang kemerdekaan Indonesia dari kekangan penjajahan.

Baca Juga :  BEM Nusantara Korda Jawa Timur Ikuti Festival Mangrove Jatim III

Tidak hanya masyhur di tanah air, ia juga tersohor di kancah internasional dengan pidatonya yang disampaikan dalam rangka pembukaan Ganefo (Games of the New Emerging Forces) atau Pidato Ganefo. Melalui mimbar tersebut menunjukkan semangat Bung Karno, dalam melawan dominasi Barat pada dunia olahraga dan politik internasional.

“Bung Karno, dikenal sebagai seorang orator ulung dan juga penulis yang piawai. Beliau juga memiliki banyak karya yang menginspirasi semangat nasionalisme dan kemerdekaan di Indonesia,” kata Bupati Wongsojudo.