Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Bupati Fauzi Kucurkan Bantuan Ratusan Ton Pupuk Gratis Untuk Petani

Avatar of Okedaily
8
×

Bupati Fauzi Kucurkan Bantuan Ratusan Ton Pupuk Gratis Untuk Petani

Sebarkan artikel ini
Bupati Fauzi Kucurkan Bantuan Ratusan Ton Pupuk Gratis Untuk Petani
Bupati Fauzi (mengenakan topi) foto bersama penerima manfaat bantuan pupuk gratis. ©Okedaily.com/Ist

OKEDAILY, MADURA Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H., memberikan bantuan pupuk gratis kepada petani di wilayah administrasi Kabupaten Sumenep, Madura.

Bantuan ratusan ton pupuk gratis tersebut dialokasikan dari APBD Sumenep tahun anggaran 2022. Hal itu dilakukan guna meringankan beban ekonomi petani akibat dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

Sebagai langkah untuk memastikan pendistribusian berjalan dengan lancar dan sesuai harapan, Bupati Fauzi turun ke gudang penampungan pupuk gratis di Kecamatan Lenteng, pada Sabtu, (3/12/22), memantau langsung penyaluran pupuk gratis untuk petani itu.

Dikatakan Bupati Fauzi, program pupuk gratis yang merupakan langkah dan wujud nyata untuk meringankan beban petani tersebut, pada pendistribusian perdana diakui sudah sesuai harapan.

Baca Juga :  Gaji Minim Cleaning Service RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep

“Ya yang pasti, tujuan dari kegiatan kali ini ingin memastikan program bantuan pupuk gratis. Alhamdulillah, pendistribusian yang pertama sudah sesuai dengan harapan saya. Hari ini, saya melihat sendiri langsung pendistribusiannya walaupun tidak semuanya,” kata Bupati Fauzi kepada awak media.

Dijelaskan Bupati Fauzi, bahwa tidak semua kelompok tani akan mendapatkan program bantuan pupuk gratis tersebut. Namun, bantuan yang bersumber dari APBD Sumenep itu akan dilakukan secara bergantian dan bertahap, khususnya di lokasi kemiskinan ekstrem.

Baca Juga :  Aksi Bisu, Harga Tasnya Lebih Mahal dari Harga Perempuannya Tanda Akhir Zaman

“Kalau jumlah (penerima) poktan-nya itu tidak seluruh yang ada di Kabupaten Sumenep, ya baik itu poktan ataupun KWT. Tapi, paling tidak bisa dibuat giliran setiap tahun itu yang coba kita lakukan,” ujar politikus PDIP itu.

“Tahap pertama ini sekitar 47 ton, tahap kedua sekitar 62,5 ton dan keseluruhan ada sekitar 100 ton lebih pupuk gratis yang tidak bersubsidi akan diberikan kepada petani,” jelasnya.

Dari itu Bupati Fauzi berharap, bantuan pupuk gratis pada musim tanam ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani Sumenep. Mengingat dengan adanya bantuan tersebut, sambungnya, bisa mengurangi biaya produksi sehingga mampu menambah penghasilan di musim panen.

Baca Juga :  Bupati Wongsojudo Sampaikan Nota Penjelasan Raperda RPJPD 2025-2045 di Paripurna

Adapun tujuan dari kegiatan bantuan pupuk gratis tersebut, tambah Bupati Fauzi, merupakan langkah dan cara Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam membantu para petani, dan mendukung ketahanan pangan.

“Lewat pupuk gratis ini diharapkan dapat meringankan petani, meskipun tidak terlalu banyak, paling tidak pemerintah hadir dalam situasi yang saat ini kondisi ekonomi kurang baik di seluruh Dunia,” tukasnya.

Seyogyanya, selain memberikan bantuan pupuk gratis kepada para petani, pemerintah Kabupaten Sumenep juga memberikan penyuluhan atau pendidikan membuat pupuk organik gar petani bisa memproduksi pupuk dengan biaya murah, sehingga bisa menekan nilai produksi hasil pertanian.