Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Regional

Ciri BUMDes Sehat Berkontribusi Terhadap PADes

Avatar of Okedaily
10
×

Ciri BUMDes Sehat Berkontribusi Terhadap PADes

Sebarkan artikel ini
Ciri BUMDes Sehat Berkontribusi Terhadap PADes
Publik inginkan audit penyertaan modal BUMDes. ©foto/ilustrasi

SUMENEP – Keberadaan ratusan BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa yang telah terbentuk se-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, nampak belum kesemuanya mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pasalnya, keberadaan ratusan BUMDes yang sudah terbentuk tersebut, belum sehat secara keseluruhan. Seperti yang dikatakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumenep beberapa hari lalu.

Dinas PMD Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha dan Kerjasama Desa mengatakan, kategori BUMDes aktif dapat dilihat dari kelengkapan pengurusnya dan memiliki unit usaha.

“Jadi kalau aktif ini (BUMDes, red), artinya dari pengurus-pengurusnya juga lengkap semua. Kemudian yang kedua juga sudah ada unit usaha yang jalan, ini sudah bisa disebut aktif,” dalih Fadholi, S.T., M.T., Kamis (10/3/2022).

Terkait BUMDes aktif dan sehat secara spesifik, Fadholi menjelaskan, dapat dikategorikan demikian apabila sudah produktif sehingga mampu menghasilkan atau berkontribusi terhadap PADes.

“Tapi kalau yang sudah produktif atau yang sudah sehat ini, artinya mereka sudah bisa menghasilkan PADes,” jelas Kabid Pemberdayaan Usaha dan Kerjasama Desa, Fadholi, yang baru menjabat beberapa bulan lalu.

Memang, imbuh Fadholi, ada beberapa Desa di Kabupaten Sumenep yang sudah berkontribusi terhadap PADes. Sekalipun masih jauh dari kata sempurna, setidaknya ada income bagi hasil dengan Desa.

“Misalnya, ada yang 1juta hingga 5juta setiap tahunnya, itu berarti kita katakan itu sudah sehat. Kenapa, karena sudah mampu memberikan PADes pada Desa-Desa tersebut,” tukasnya.

Ketika kita melihat dan mendengar dari penjelasan Fadholi tersebut, indikator BUMDes sehat ialah adanya kontribusi pada PADes walaupun masih minim dibandingkan dengan penyertaan modal yang dialokasikan oleh Pemerintah Desa.

Baca Juga :  FAM-SU Geruduk Kantor Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara

Maka dari itu diharapkan, semua komponen yang terlibat di dalam BUMDes tersebut, harus mampu melakukan kerja sama yang baik demi pengembangan dan kelangsungan hidup usahanya.