Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Nasional

Pangkalan Angkatan Laut Batuporon Dipindah ke Sumenep, Ini Alasannya

Avatar of Okedaily
×

Pangkalan Angkatan Laut Batuporon Dipindah ke Sumenep, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini
Lanal Batuporon Akan Dipindah, Ini Waktu yang Ditargetkan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
Bupati Sumenep Achmad Fauzi (kanan) bersama Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis (kiri), saat menyambut kunjungan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (tengah). ©foto/Transmadura

SUMENEP – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) terus membangun kekuatan di sejumlah wilayah startegis, guna mendukung pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca Juga : Dua Pemuda Asal Jember Diamankan Polisi, Ini Penyebabnya

Salah satunya, TNI AL akan segera memindahkan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batuporon di wilayah Kabupaten Bangkalan, menjadi Pangkalan TNI AL Madura yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pemindahan itu tak lepas dari upaya membangun kekuatan baru untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca Juga : KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Diberi Gelar Djojo Noto Segoro

“Keinginan memindahkan Lanal Batuporon bukan tanpa alasan, sejumlah argumen mendasari pertimbangan penting untuk merealisasikannya di Kabupaten Sumenep,” kata Yudo Margono, Minggu (29/5), saat meninjau Pelabuhan Kalianget Sumenep.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Sumenep Akan Bentuk Komite Ekonomi Kreatif, Ini Sosok Pioneer-nya
Lanal Batuporon Akan Dipindah, Ini Waktu yang Ditargetkan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Bupati Sumenep Achmad Fauzi, meninjau lokasi Pangkalan TNI AL Madura di Pelabuhan Kalianget. ©foto/istimewa

Yudo Margono menjelaskan, bahwa pemindahan Lanal Batuporon ke wilayah Kabupaten Sumenep sangat strategis, mengingat di wilayah itu memudahkan daya jangkau unsur KRI khususnya di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Selain itu, Yudo Margono menuturkan, pertimbangan aspek perekonomian bahwa Kabupaten Sumenep merupakan wilayah Madura, dengan nilai investasi ekonomi tinggi, tentunya membutuhkan pengamanan laut yang memadai.

Baca Juga : Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Sumenep, Wisata Tambak Udang Tak Masuk Agenda

Lebih lanjut Yudo Margono mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah untuk merealisasikan rencana pemindahan Lanal Batuporon melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Langkah yang dilakukan mulai dari pelaksanaan survei lokasi rencana pangkalan, hingga kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negra (BUMN) yakni PT. Garam (Persero) yang mendukung rencana relokasi pangkalan TNI AL di Kabupaten Sumenep, sekaligus merupakan pengelola aset lahan yang akan dijadikan sebagai Pangkalan Angkatan Laut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Menjelang Muktamar Internasional Fiqih, Ulama Sedunia Akan Meminta Fatwa Status Piagam PBB

Lanal Batuporon akan pindah ke wilayah Kabupaten Sumenep pada akhir tahun ini, sebagaimana ditargetkan Yudo Margonda, sehingga dalam waktu dekat ini dirinya bisa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kami programkan pemindahan markas komando pangkalan TNI di Kabupaten Sumenep secara bertahap, namun sarana dan prasarana secara paralel berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk melakukan pengerukan agar kapal bisa masuk ke dermaga,” terangnya.

Baca Juga : Menjaga Indonesia Hijau, Pemerintah Tanam 10 Juta Pohon di 34 Provinsi

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan, pemerintah daerah mendukung pangkalan TNI AL Madura yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sumenep.

Bupati Fauzi berharap, pemindahan itu berjalan baik tanpa ada kendala, “Pada prinsipnya, kami (Pemkab) tentu mendukung penuh jika Pangkalan TNI AL pindah ke Kabupaten Sumenep,” katanya.