Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Teknologi

“HomPIMPA” Aplikasi Terobosan Dinas Kesehatan Bagi Sumenep Melayani

Avatar of Okedaily
×

“HomPIMPA” Aplikasi Terobosan Dinas Kesehatan Bagi Sumenep Melayani

Sebarkan artikel ini
"HomPIMPA" Aplikasi Terobosan Dinas Kesehatan Bagi Sumenep Melayani
Achmad Fauzi Bupati Sumenep didampingi Nyai Eva Saat Peresmian Aplikasi HomPIMPA di Ruangan VIP Rumah Dinas Bupati [foto/okedaily.com]

Okedaily.com, Sumenep – Dinas Kesehatan Sumenep melakukan terobosan dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Keris, dengan diluncurkannya Aplikasi HomPIMPA. Diharapkan kehadirannya dapat membantu mewujudkan Sumenep Melayani yang merupakan Tagline Sumenep, di bawah kepemimpinan Achmad Fauzi dan Nyai Eva.

Kondisi geografis Kabupaten Sumenep memiliki 27 Kecamatan, yang terbagi dalam wilayah daratan dan kepulauan. Tentu saja, kendala bentang alam itu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Dinas Kesehatan Sumenep, dalam melaksanakan pelayanan kesehatan yang prima sesuai Sumenep Melayani.

Peningkatan pelayanan kesehatan yang inovatif dan aplikatif sangatlah diperlukan guna merealisasikan Sumenep Melayani. Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Sumenep di bawah kepemimpinan Agus Mulyono, MCH., melakukan sebuah terobosan inovasi bagi dunia kesehatan kabupaten paling timur di Pulau Madura.

Adalah HomPIMPA, sebuah modul indikator kesehatan dengan metode terintegrasi tepat guna untuk akses memadai informasi kesehatan. Aplikasi terobosan dari Dinas Kesehatan bagi Sumenep Melayani, yang akan membuat pelayanan kesehatan prima yang selama ini hanya dalam impian menjadi kenyataan.

Baca Juga :  Rokok Ilegal di Pulau Sapudi Makin Marak, Petugas Kemana

“Di bidang kesehatan berbagai inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini BLUD sudah diterapkan di seluruh Puskesmas sejak Januari 2021. Dengan BLUD ini, Puskesmas diberikan ruang untuk berinovasi, berkreasi dalam meningkatkan kinerja, dengan pelayanan yang memiliki akuntabilitas dan transparansi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumenep.

Baca Juga : Bertahun-tahun Nikmati Gaji Buta, ASN SMPN 2 Ra’as Terancam Dipecat?

Kemudian Agus Mulyono menerangkan, satu lagi inovasi Dinas Kesehatan Sumenep yakni Aplikasi HomPIMPA di setiap layanan Puskesmas Se-Kabupaten Sumenep. Dengan HomPIMPA, Dinas Kesehatan Sumenep akan bisa menyajikan data dan Informasi terintegrasi sarana pelayanan kesehatan.

“Disajikan terperinci menurut indikator terpilih, yang tentunya memberi ruang bagi seluruh pemangku kepentingan memperoleh gambaran informatif, berinteraksi, memantau dan menganalisa perkembangan pelayanan bahkan capaian kesehatan terkini. Semuanya terangkum dalam one big data,” paparnya.

Baca Juga :  Dikenal Dekat Kekuasaan, Kepala Sekolah di Kangean Main Proyek

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang hadir bersama Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, saat peresmian peluncuran Aplikasi HomPIMPA mengatakan, dengan aplikasi ini dapat segera mewujudkan one data (data yang terintegrasi, red) di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga : Dishub Mainkan Pembebasan Tanah Perluasan Bandara Trunojoyo Sumenep?

Sehingga seluruh medical record semua pasien yang ada di Puskesmas Se-Kabupaten Sumenep dapat dipantau. Dengan cepat mengetahui penyakit apa yang diderita masyarakat, maka akan memudahkan analisis dan menentukan langkah kebijakan program kesehatan.

“Adanya Aplikasi HomPIMPA ini diharapkan mampu meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep, bagi masyarakat. Baik di daratan maupun kepulauan,” harap Bupati Sumenep.