Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pemerintahan

Lima Kali Berturut-turut, Pemkab Sampang Membanggakan Kembali Raih Opini WTP

Avatar of Okedaily
×

Lima Kali Berturut-turut, Pemkab Sampang Membanggakan Kembali Raih Opini WTP

Sebarkan artikel ini
Lima Kali Berturut-turut, Pemkab Sampang Membanggakan Kembali Raih Opini WTP
Bupati Sampang (kanan) didampingi Ketua DPRD Sampang (kiri) saat menerima LHP LKPD Tahun Anggaran 2022 dari BPK Perwakilan Jatim. ©Okedaily.com/Ist

SAMPANG Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Sampang tahun anggaran 2022 diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur, Karyadi kepada Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi di Kantor BPK Jatim, Sidoarjo, Kamis (25/5).

Turut hadir juga saat penyerahan LHP LKPD Opini WTP tersebut diantaranya Ketua DPRD Sampang Fadol, Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan, Plt. Inspektur Daerah Kabupaten Sampang Ari Wibowo, Plt. Kepala BPPKAD Sampang Hj. Hurun Ien.

Baca Juga :  150 KPM Terima BLT-DD, Kades Pancor Sumenep Ingatkan Pesan Bupati Fauzi

Nampak sesuatu yang unik, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dengan didampingi Ketua DPRD Sampang Fadol saat menerima LHP dari BPK Perwakilan Jatim memakai busana adat.

Raihan Opini WTP tersebut menunjukkan bahwa LKPD Pemkab Sampang pada Tahun Anggaran 2022 telah disajikan secara jujur, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam keterangannya menyampaikan rasa syukur atas capaian opini WTP tahun anggaran 2022 yang diraih Pemkab Sampang.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Raih Penghargaan Ketahanan Pangan Jatim 2023

Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Pemkab Sampang atas kerja keras selama ini hingga terwujud pengelolaan anggaran dan kinerja yang akuntabel dan transparan.

“Saya berharap semoga capaian WTP tersebut dapat lebih memotivasi untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sampang serta mempertahankan kinerja yang akuntabel dan transparan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi, CFrA, CSFA. mengatakan bahwa hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan.

Baca Juga :  Pansus DPRD Sumenep Libatkan Sejumlah Stackholder, Berikut Kata Mas Uyuk

Karyadi mengapresiasi upaya Pemkab Sampang dan kabupaten lainnya dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah hingga meraih opini WTP setelah dilakukan sejumlah tahapan pemeriksaan LKPD oleh tim BPK.

“Kami berharap agar hasil pemeriksaan yang kami sampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus selalu memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD secara akuntabel dan transparan,” tandasnya.

Untuk diketahui, opini WTP telah berhasil diraih Pemkab Sampang selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2019, 2020, 2021, 2022 dan di tahun 2023, sedangkan di tahun 2018 Pemkab Sampang meraih opini WDP.

Baca Juga :  Kantor Kecamatan Wampu Disorot AMPW, Plt Bupati Langkat Berani?