Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Ekonomi & Bisnis

Mahasiswa Peserta KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai Sukses Gelar Kegiatan Studi Kewirausahaan

Avatar of Okedaily
8
×

Mahasiswa Peserta KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai Sukses Gelar Kegiatan Studi Kewirausahaan

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai Sukses Gelar Kegiatan Studi Kewirausahaan
Foto bersama para peserta KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai saat kegiatan studi Kewirausahaan. ©Okedaily.com/Rania

OKEDAILY, SUMUT Mahasiswa STAI Al-Ishlahiyah Binjai yang sedang malaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, mengadakan kegiatan studi kewirausahaan “Budidaya Madu Kelulut”.

Kegiatan studi kewirausahaan tersebut dipelopori oleh kelompok KKN 57 bekerjasama dengan kelompok KKN 56 dan 58, sukses digelar di kediaman Kepala Desa Tanjung Pasir, Faisal Rehza, Sabtu (28/01).

Faisal Rehza, selaku pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa pemuda saat ini harus memiliki jiwa kewirausahaan agar lebih memiliki fondasi yang kuat, baik dari segi materi ataupun keterampilan.

Baca Juga :  GP Ansor Medan Perjuangan Ikut Andil Kepanitian Hewan Qurban Idul Adha 1443H

Sementara pemateri kedua, Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pasir, Brigpol J. A. Siregar, menyampaikan dalam konteks kewirausahaan sangat baik apabila digeluti pemuda, terkhusus para mahasiswa.

“Menggeluti bidang kewirausahaan ini sungguh sangat dianjurkan untuk kalangan pemuda terkhusus mahasiswa yang saat ini masih berkuliah,” katanya.

Mahasiswa KKN STAI Al-Ishlahiyah Binjai Sukses Gelar Kegiatan Studi Kewirausahaan
Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pasir, Bang Regar memberikan bimbingan seputar budidaya madu kelulut. ©Okedaily.com/Rania

Menurutnya, dalam konteks ini pembudidayaan madu kelulut sangat bermanfaat. Selain dapat dikonsumsi pribadi sebagai obat, tentunya juga dapat membuka ruang-ruang bisnis sehingga menghasilkan ekonomi yang produktif.

Baca Juga :  Pedagang Sapi Sapudi Sumenep Meradang Tanggung Rugi, Loyalis Fauzi-Eva 'Marah'

Setelah menyampaikan materi, ia mengajak para peserta studi kewirausahaan terjun langsung untuk praktek ke lokasi pembudidayaan. Dari awal pembelahan sarang kelulut, hingga cara memanen atau menyedot madu kelulut pun diajarkan.

Senada dengan Bang Regar sapaan karib Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pasir, Ketua pelaksana bidang ekonomi, Muhammad Ikhsan mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan positif memberikan kesempatan bagi para mahasiswa agar mampu menciptakan peluang bisnis.

“Kegiatan ini kami buat, tak terkecuali untuk memberikan kesempatan pada rekan-rekan mahasiswa agar dapat memahami dan menerapkan kegiatan budidaya madu kelulut ini sebagai kegiatan positif dan mampu menciptakan peluang bisnis,” ucapnya.

Baca Juga :  Perahu BUMDes Gayam Nangkring, Ratusan Juta Anggaran Desa Melayang

Riza Wahyuda, sebelum membacakan doa tak lupa haturkan terimakasih terhadap kedua pemateri pada acara tersebut. “Terimakasih kami ucapkan yang sebesar-besarnya kepada Kepala Desa Tanjung Pasir, yang sudah memfasilitasi kami dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Selain itu, dirinya tak lupa juga ucapkan hal serupa untuk Bang Regar, “Dan kami sangat berterima kasih juga kepada abang kami, Bang Regar selaku Bhabinkamtibmas Inspiratif yang telah bersedia memberikan Ilmunya kepada kami. Semoga benih-benih kebaikan ini selalu dapat disemai dimanapun kita berada,” tutup Riza Wahyuda.