Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Prof Widodo, Rektor Baru Universitas Brawijaya Periode 2022-2027

Avatar of Okedaily
×

Prof Widodo, Rektor Baru Universitas Brawijaya Periode 2022-2027

Sebarkan artikel ini
Rektor Baru Universitas Brawijaya Periode 2022-2027, Prof Widodo
Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. Rektor Universitas Brawijaya Periode 2022-2027. ©foto/Redaksi

MALANG – Profil singkat Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc. resmi terpilih sebagai rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027.

Rektor terpilih UB yang karib disapa Prof. Widodo itu berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pria kelahiran 11 Agustus 1973 tersebut telah mengajar di UB sejak tahun 2000 silam.

Prof. Widodo merupakan ahli biologi molekuler yang saat ini menjabat Dekan FMIPA. Ia menempuh pendidikan sarjana di UB lulus tahun 1998 dengan gelar S.Si atau sarjana sains, seperti dilansir kanal prasetya.ub.ac.id.

Baca Juga : Menjaga Indonesia Hijau, Pemerintah Tanam 10 Juta Pohon di 34 Provinsi

Pada tahun 1998, Prof. Widodo mengambil gelar M.Si di ITB (Institut Teknologi Bandung) dan lulus pada tahun 2001. Bahkan dalam menyempurnakan perjalanan akademiknya, ia menuntut ilmu ke negeri sakura pada tahun 2004-2008.

Pada tahun itu, Prof. Widodo berkuliah S-3 di University of Tsukuba Jepang dengan bidang ilmu biologi molekuler, merupakan bidang yang ditekuninya saat ini.

Baca Juga :  Minta Revisi Pasal-Pasal Kontroversial, Aksi AMUBA DIY Tolak RKUHP

Prof. Widodo pernah diamanahi sebagai Ketua Jurusan Biologi, KKJF Penelitian LPPM UB, kepala LSIH UB, dan anggota Tim PPKID, selama mengabdi di UB.

Adapun penghargaan yang pernah diterima Prof. Widodo yakni, Young Investigator Award dari Cell and Tissue Culture Association Jepang dan Best Original Paper Award Nestle Nutrition Council, yang diraih pada Tahun 2007 bersamaan.

Baca Juga : Catatan Jurnalis Trotoar, SK Bupati Sumenep Tentang DPKS Tak Ubahnya Bungkus Kacang

Selain itu, Prof. Widodo juga pernah dinobatkan sebagai Young Scientist oleh Kalbe-Ristek pada Tahun 2012. Sedangkan dari UB sendiri, memperoleh penghargaan Best Citation Award 2014 dan Dosen Berprestasi 2015.

Diketahui, Prof. Widodo menjadi rektor baru periode 2022-2027 tersebut dilakukan dalam sidang pleno Majelis Wali Amanat yang disingkat MWA UB pada Sabtu, 21 Mei 2022 kemarin.

Rektor Baru Universitas Brawijaya Periode 2022-2027, Prof Widodo

Dalam pemilihan rektor UB periode 2022-2027 kali ini, Prof. Widodo terpilih berdasarkan hasil musyawarah mufakat sidang pleno MWA, melawan 2 kandidat lainnya.

Baca Juga : TTP3 Kabupaten Sumenep Terbentuk, Less Confidence Ala Bupati Sumenep?

Kedua kandidat penantang Prof. Widodo tersebut ialah Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P. dari Fakultas Teknologi Pertanian, dan Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si., Ak. dari Fakultas Vokasi.

Baca Juga :  Kota Keris Tak Berdaya, Galian C Dosa Siapa?

Seusia terpilih, Prof. Widodo, dalam sambutannya mengatakan bahwa semua proses transparansi dan pemilihan dilakukan dengan sangat baik.

Pihaknya berharap seluruh civitas academica UB saling bekerjasama dan meneruskan program-program yang dirintis oleh Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S. rektor sebelumnya, serta renstra yang telah ditentukan oleh MWA.

Baca Juga : Korban Dishub Sumenep Pada Perluasan Bandara Trunojoyo Bertambah

“Kami berharap teman-teman civitas academica kedepan bisa saling kerjasama agar UB bisa menjadi lebih baik. Meneruskan program-program yang dirintis pak rektor dan program Renstra MWA,” pinta Prof. Widodo, di sela-sela sambutannya.