Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Nasional

Satu-satunya di Madura, Kabupaten Sampang Terima Anugerah Adipura

Avatar of Okedaily
12
×

Satu-satunya di Madura, Kabupaten Sampang Terima Anugerah Adipura

Sebarkan artikel ini
Satu-satunya di Madura, Kabupaten Sampang Terima Anugerah Adipura 2022
Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menerima penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2022 dari Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar. ©Okedaily.com/Ist

OKEDAILY, JAKARTA Kabupaten Sampang dibawah kepemimpinan H. Slamet Junaidi, meraih Anugerah Adipura Tahun 2022 dari Kementerian LHK RI (Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia), kategori Kota kecil di Auditorium DR. Soedjarwo, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Setelah terakhir kali pada tahun 2014 silam, kini Kabupaten Sampang kembali meraih Anugerah Adipura yang sempat moratorium dua tahun akibat pandemi Covid-19. Sementara pada tahun 2018 lalu, hanya mendapatkan sertifikat Adipura.

Untuk penilaian Anugerah Adipura dilakukan pada 12-13 Oktober 2022, yang mana penilaian dilakukan langsung oleh utusan dari Kementerian LHK RI dan Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga :  Dana Ratusan Juta Rupiah Raib, Pagar Pasar Batuan Sumenep di Lahan Sengketa

Abah Idi sapaan karib Bupati Sampang, tiada tara mengungkapkan kegembiraannya pasca meraih Anugerah Adipura tersebut yang dipersembahkan untuk masyarakat Sampang khususnya.

“Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat Sampang melakukan pola hidup bersih serta sinergitas antar OPD, kita bisa meraih anugerah adipura tahun 2022,” ungkapnya.

Ia menyebut, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan yang asri, mulai dari penambahan ruang terbuka hijau hingga pengelolaan sampah yang baik, untuk mempertahankan anugerah adipura.

Baca Juga :  Tegas Presma UIC Jakarta, Kecam Keras Aksi Premanisme di Lingkungan Kampus

“Kami juga mengajak masyarakat untuk hidup bersih, sehingga pola hidup bersih menjadi budaya bagi masyarakat,” harapnya.

Perlu diketahui, bahwa Kabupaten Sampang sudah keempat kalinya meraih Anugerah Adipura, diantaranya pada tahun 1997, 2012, 2014 dan 2022. Sementara di tahun 2018 Kabupaten Sampang mendapatkan sertifikat, sehingga menjadi satu-satunya Kabupaten di Madura yang meraih anugerah adipura tahun ini.

Adipura, adalah instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan RTH guna mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan yang diatur dalam Peraturan Menteri LHK RI Nomor P.76/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019.

Baca Juga :  Pemerintah Menganggap Rakyat Bebani Negara, IBEMPI Rapatkan Barisan Siap Aksi