Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Regional

Agum Gumelar Kukuhkan Rachmat-Nuning Pimpin IKAL-Lemhannas Jatim

Avatar of Okedaily
18
×

Agum Gumelar Kukuhkan Rachmat-Nuning Pimpin IKAL-Lemhannas Jatim

Sebarkan artikel ini
Agum Gumelar Kukuhkan Rachmat-Nuning Pimpin IKAL-Lemhannas Jawa Timur
Agum Gumelar photo bersama jajaran pengurus DPD IKAL-Lemhannas Jatim seusai dikukuhkan. ©Okedaily.com/Ach Haqqi

OKEDAILY, JATIM Ketua Umum IKAL-Lemhannas, Jenderal (Purn) Agum Gumelar mengukuhkan kepengurusan Dewan Pengurus Daerah Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (DPD IKAL-Lemhannas) Jawa Timur.

Pelantikan pengurus masa bakti 2022-2027 ini dilakukan dalam rangkaian Musyawarah Daerah (Musda) DPD IKAL-Lemhannas Jawa Timur yang dilaksanakan di Novotel Samator Surabaya pada, Kamis (25/8/2022) lalu.

Sebagaimana acara pelantikan pengurus IKAL-Lemhannas lainnya, pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan dan kata-kata pengukuhan oleh Agum Gumelar.

Tak ketinggalan, dalam pengukuhan tersebut juga dilakukan penyerahan pataka kepada Ketua DPD IKAL-Lemhannas Jawa Timur, Rachmat Harsono.

Dalam pemilihan Ketua, Rachmat Harsono terpilih secara aklamasi. Rahmat yang juga Ketua sebelumnya terpilih melalui musyawarah mufakat yang melibatkan 4 kandidat ketua yang hadir.

Baca Juga : Pemkab Jember Belum Menindaklanjuti Perbaikan Kebijakan Akuntansi?

“Pengukuhan kepengurusan ini, merupakan tindak lanjut dari pemilihan Ketua dan juga pembentukan kepengurusan yang dilakukan sebelumnya,” kata Nuning Rodiyah.

Baca Juga :  BEM FIA Unisma Gelar Webinar Kemerdekaan Sampaikan Informasi Politik Indonesia

Selanjutnya Rachmat selaku ketua terpilih menyusun kepengurusan bersama tim formatur yang terdiri dari ketiga kandidat lainnya dan pimpinan sidang Musda.

Agum Gumelar Kukuhkan Rachmat-Nuning Pimpin IKAL-Lemhannas Jawa Timur
Nuning Rodiyah (kanan) dan Rachmat Harsono (kiri) resmi dikukuhkan memimpin DPD IKAL-Lemhannas Jatim. ©Okedaily.com/Ach Haqqi

Dalam kepengurusan Rachmat yang juga Direktur Utama PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator), didampingi oleh Nuning Rodiyah selaku sekretaris dan jajaran pengurus lainnya.

Mereka merupakan alumni program pendidikan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI. Beberapa diantaranya KRA/PPRA, PSA/PPSA dan TAPLAI.

Rachmat sendiri merupakan alumni PPRA Ke-53 Tahun 2015. Sementara Nuning Rodiyah adalah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan akademisi juga merupakan alumni PPRA Ke-53.

Baca Juga : Tidak Sesuai Ketentuan, Belanja Jasa Tenaga Kebersihan Pemkab Probolinggo Diungkap

Kepengurusan IKAL-Lemhannas Jawa Timur ini juga mengukuhkan beberapa Laksamana TNI (Purn) diantaranya, TNI (Purn) Indroko Sastrowiryono, Majend  TNI (Purn) I Made Sukadana, Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur Mayjend (Purn) Istu Handono.

Baca Juga :  DD Sokarammi Timur Tahun 2021 Belum Dikerjakan, Niatan Difiktifkan?

Selain itu, di jajaran ini juga terdapat Akmal Boedianto, Tjahjono Widodo dan beberapa nama lainnya yang merupakan tokoh masyarakat Jawa Timur.

Dalam pidato pengukuhan yang disampaikannya, Agum Gumelar mengingatkan jajaran pengurus yang baru dilantik untuk tetap menjaga jiwa perjuangan yang dimiliki.

Baca Juga : Masyarakat Kepulauan Raas Datangkan BBM Ditangkap, Pemkab Sumenep Buta?

“Sikap apatis harus dihindari dan digantikan dengan semangat mengawal pemerintah secara kritis konstruktif dan elegan. Hal ini harus dilakukan dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang telah digariskan,” ujar Agum.

Semua langkah tersebut, menurut Agum, harus didasarkan pada Pancasila yang diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan bukan hanya sekedar jargon.

Baca Juga :  KM Hulalo Sandar Darurat Demi Ibu dan Anak Kembar

Pada bagian lain terkait dengan partisipasi pembangunan di Jawa Timur, Agum berpesan, sebagaimana harapan presiden yang tidak ingin melihat rakyatnya menderita. Ia yakin gubernur di manapun termasuk Jawa Timur, tidak ingin melihat rakyatnya menderita.

Baca Juga : Akui SKW, Dewan Pers Ajak Segelintir Organisasi Pers Bentuk SKKNI

“Disinilah IKAL-Lemhannas harus berperan. Harus memberikan masukan yang berharga bagi pembangunan terutama penguatan nilai-nilai kebangsaan,” tandasnya.

Dalam kesempatan lain paska pelantikan, Rachmat Harsono menyatakan kesiapan dirinya bersama jajaran IKAL-Lemhannas Jatim Masa Bakti 2022-2027 akan berusaha semaksimal mungkin menjadi katalisator bagi penguatan Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan.

“Sinergi dan kolaborasi baik secara internal pengurus maupun dengan pihak terkait menjadi hal yang senantiasa akan dilakukan dalam rangka itu,” tutup Rachmat.