Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Ekonomi & Bisnis

Ternyata Masa Pandemi Saat Yang Tepat Beli Rumah

Avatar of Okedaily
3
×

Ternyata Masa Pandemi Saat Yang Tepat Beli Rumah

Sebarkan artikel ini
Ternyata Masa Pandemi Saat Yang Tepat Beli Rumah
Perumahan Mewah Harga Terjangkau RATU BALQIS TOWN HOUSE [foto/saputra]

Okedaily.com – Disaat pandemi seperti sekarang, kebanyakan akan menahan diri untuk membeli sesuatu termasuk beli rumah, benarkah keputusan itu? Berdasarkan beberapa fakta di bawah ini ternyata justru di waktu pandemi adalah waktu yang tepat untuk membeli rumah.

Masyarakat yang jeli akan peluang pasti akan membeli rumah disaat ini untuk dijadikan investasi, karena nanti saat pandemi berakhir, properti akan kembali diburu dan harganya jauh meningkat tajam.

Survei konsumen yang dilakukan IPW (Indonesia Property Watch) menunjukkan 68,09 persen konsumen berminat membeli properti. Dari sisi kategori, properti yang paling banyak diminati adalah rumah 51,06 persen. Diikuti tanah kavling 22,34 persen, apartemen sebesar 11,7 persen, dan rumah kantor/rumah toko 10,64 persen.

Tren pembelian rumah didominasi segmen menengah dengan harga Rp. 500 juta hingga Rp. 1 miliar sebanyak 29,79 persen. Segmen rumah dengan harga Rp.300 juta sampai Rp.500 juta sebesar 28,72 persen, Rp.1 miliar sampai Rp 3 miliar sebesar 23,40 persen, dan di bawah Rp 300 juta sebesar 10,64 persen.

Meningkatnya tren pembelian rumah tersebut disebabkan oleh Pertama, Relaksasi yang diberikan pemerintah berupa rasio loan to value atau finance to value (LTV/FTV) menjadi 100 persen. Ini artinya, uang muka yang harus dibayar konsumen hanya nol persen. Bank Indonesia memberikan kelonggaran uang muka 0 persen untuk kredit atau pembiayaan properti.

Kedua, Pemerintah juga memberlakukan pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk hunian ready stock seharga maksimal Rp 2 miliar dan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7-Days Reserve Repo Rate menjadi 3,5 persen.

Baca Juga :  Bangunan dari Gedek Bambu Itu, Polindes Sabuntan

Ketiga, Perbankan selain menurunkan suku bunga juga memperpanjang tenor kredit pemilikan rumah (KPR). Alhasil, dari sisi pembelian, tingkat kepercayaan perbankan terhadap konsumen juga ikut meningkat.

Keempat, banyak developer perumahan saat ini yang memberikan harga terendah, bila beli sekarang maka untungnya akan optimal dijual nanti saat booming beberapa tahun lagi.

Pembelian properti seperti rumah tinggal dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai kemudahan yang ada tersebut. Apalagi, pemulihan ekonomi nasional juga tengah berjalan saat ini.

Walau demikian, masyarakat tetap perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli rumah di masa pandemi ini. Tujuannya, agar rumah yang dibeli sesuai kebutuhan dan terhindar dari kerugian pada saat melakukan pembelian.

Sebelum melanjutkan rencana membeli rumah, sebaiknya simak dahulu beberapa tips berikut ini.

1. Periksa Keuangan Anda.

Periksa kembali tabungan dan sumber pendapatan Anda. Berapa kemampuan Anda untuk mengangsur KPR? Persiapan biaya merupakan hal yang sangat penting mengingat sistem KPR merupakan komitmen jangka panjang. Idealnya total cicilan KPR dan utang lainnya tidak melebihi 50 persen dari pendapatan.

2. Cek Lokasi Rumah Yang Akan Dibeli.

Selain dari sisi biaya, hal utama yang harus diperhatikan adalah lokasi rumah. Pilih lokasi yang strategis dan memiliki akses ke berbagai obyek vital yang sangat anda butuhkan, Lokasi strategis memang cenderung lebih mahal, tapi jika anda jeli sekarang ada perumahan Ratu Balqis Town House yang berlokasi strategis namun memberikan harga yang terjangkau, hanya dengan Rp. 300 jutaan anda bisa memiliki rumah yang masih berlokasi di area kota. Karena jika memilih rumah dengan lokasi yang lebih terjangkau, bisa dipastikan prospek kedepannya jauh lebih menguntungkan karena lebih mudah menguntungkan saat di jual kembali.

Baca Juga :  KM Hulalo Sandar Darurat Demi Ibu dan Anak Kembar

3. Fungsi dan Tipe Bangunan

Setelah lokasi, cek tipe bangunan rumah yang Anda taksir. Bagi keluarga kecil, sebaiknya pilih rumah dengan halaman dan tanah yang masih ada ruang untuk pembangunan di masa depan. Seiring berjalannya waktu, tentu anak-anak semakin besar dan membutuhkan ruang lebih. Seperti rumah type 42 di Ratu Balqis Town House yang memang didesain sebagai rumah tumbuh, artinya rumah tersebut didesain untuk kemudahan renovasi kelak jika membutuhkan ruangan tambahan karena masih menyisakan halaman dan tanah di bagian depan dan belakang rumah yang cukup luas untuk di bangun kembali.

4. Kualitas bangunan

Hal penting lain yang patut diperhatikan adalah kualitas dan kerapihan bangunan. Hal ini tak boleh diabaikan karena akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama tinggal di rumah tersebut. Anda bisa dapatkan rumah dengan kualitas sangat baik di perumahan Ratu Balqis Town House, karena di awasi langsung oleh konsultan perencanaan tepercaya dan spesifikasi bangunannya kelas mewah. Karena rumah yang dibangun dengan bahan berkualitas memiliki usia yang lebih panjang. Dengan begitu, Anda pun tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan renovasi rumah berkali-kali.

5. Pilih Pengembang terpercaya

Pastikan pengembang atau developer memiliki reputasi dan modal yang bagus, karena hal ini akan menunjukkan kualitas bangunan rumah. Termasuk ketepatan penyelesaian pembangunan rumah dan jaminan mutu bangunan. Developer PT. Ratu Balqis Asri sebagai anak perusahaan dari PT. Balqis Jaya Selamanya yang tak perlu diragukan lagi, dengan kekuatan sumber dayanya saat ini sedang mengembangkan dua perumahan sekaligus di Sumenep dan di kota Sampang.

Baca Juga :  Geliat Toko Tajamara di Tengah Kepungan Retail Modern

6. Jeli dan Teliti Sebelum Transaksi

Beli rumah itu butuh kejelian dan kesabaran. Jangan tergiur dengan iklan bombastik dan promo poster. Jadilah pembeli yang kritis, aktif bertanya dan membaca setiap klausul pembelian. Jika Anda mengajukan KPR, pilihlah bank terpercaya. Di Perumahan Ratu Balqis Town House, semua legalitas dan perijinan sudah lengkap. Calon customer bahkan langsung menerima Sertifikat Hak Milik Tanah dan bangunan atas nama customer sendiri saat akad jual beli di depan notaris sehingga bisa langsung dijadikan jaminan akad kredit KPR di bank pilihan konsumen.

7. Manfaatkan kanal digital milik pengembang untuk memilih rumah.

Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, Anda tak perlu repot-repot keluar rumah untuk meninjau langsung ke lokasi atau sekadar bertukar informasi dengan agen properti. Pasalnya, pengembang kredibel seperti PT. Ratu Balqis Asri biasanya memiliki kanal digital dalam menawarkan produknya.

Untuk hal ini, Ratu Balqis Town House menyediakan e-catalog bagi calon konsumen yang ingin melihat portofolio garapannya. Silahkan menghubungi Call Centre Customer Care di nomer 0817 725 829.

Bagaimana, mudah bukan? Itulah beberapa tips membeli rumah di tengah pandemi. Dengan demikian, Anda tetap nyaman dan bisa mewujudkan rumah impian dengan aman.