Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Pendidikan

Masih Pungut SPP, Segini Besaran Dana BOS SMA Negeri 1 Sumenep

Avatar of Okedaily
×

Masih Pungut SPP, Segini Besaran Dana BOS SMA Negeri 1 Sumenep

Sebarkan artikel ini
Masih Pungut SPP, Segini Besaran Dana BOS SMA Negeri 1 Sumenep
Sekolah Favorit, SMA Negeri 1 Sumenep. ©Redaksi

OKEDAILY, MADURA Besarnya Dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS yang diterima setiap tahunnya, tak menghentikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumenep untuk tetap menarik SPP dengan berbagai macam dalih.

Dana BOS merupakan program pemerintah pusat untuk membantu pendanaan biaya operasional sekolah yang bisa digunakan untuk administrasi kegiatan sekolah, pembayaran honor, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, dan lain-lain.

Selain Dana BOS yang rutin diterima sekolah berdasarkan jumlah siswa, yang biasa disebut juga BOS Reguler, ada juga BOS Afirmasi serta Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dikucurkan pemerintah.

Baca Juga : Berkas Kasus Dugaan Tindak Pidana Penipuan Masih Dicari?

Dalam Permendikbud Nomor 28/P/2022 telah ditetapkan jumlah siswa SMA Negeri 1 Sumenep yang terdaftar di Dapodik tahun sebelumnya yakni, sebanyak 1041. Dikalikan Rp1.860.000/siswa.

Baca Juga :  Pembangunan Gudang Ketahanan Pangan di Kangean Buat Geleng Kepala

Sehingga besaran Dana BOS SMA Negeri 1 Sumenep tahun 2022 adalah sejumlah Rp1.936.260.000. Dengan nominal yang fantastis tersebut, ternyata sekolah favorit di Kota Keris itu tetap melakukan pungutan haram.

Seperti diberitakan sebelumnya, SMA Negeri 1 Sumenep melalui Wakasek Kesiswaan, Moh. Hasan, diketahui melakukan penagihan SPP kepada siswa lewat WhatsApp Group (WAG) internal sekolah.

Baca Juga : Konflik Internal HMI, Novan Ermawan : Lebih Baik KAHMI Dibubarkan

“Karena SUDAH tanggal 8 Nop’23, maka Pembayaran SPP + Uang Pembangunan diharap Di SELESAIKAN. Semoga dipahami !!!” ketik Moh. Hasan, Selasa (8/11/2022), di WAG khusus siswa tersebut.

Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Sumenep Pungut SPP?
Moh. Hasan, Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Sumenep. ©Redaksi

Namun Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Sumenep itu membantah telah melakukan penagihan SPP tersebut, dan berdalih ia hanya menyambungkan keinginan dari Komite Sekolah.

Baca Juga :  Minim Anggaran Bukan Alasan Damkar Sumenep Berpangku Tangan

“Bukan saya pak. Saya kan Wakasek Kesiswaan, bukan saya. Saya hanya penyambung lidah ke murid, saya tidak tahu uangnya berapa,” ujar Moh. Hasan terlihat gugup.

Baca Juga : Wartawan Sapudi Berulah, Tenyata Ini yang Dibagikan Kepada Tenaga Honorer

Kendati begitu, Moh. Hasan terpantau masih melakukan penagihan SPP kepada siswa Negeri 1 Sumenep pada hari Senin, 14 November 2022.

“Kartu Peserta Ujian Semester/Asesemen Akhir Semester (AAS) akan diberikan mulai Hari Senin depan 21-11-22. Diharap SEGERA menyelesaikan uang SPPU + Pembangunan,” ketik Moh. Hasan di WAG SMA Negeri 1 Sumenep.

Hingga berita ini ditayangkan, upaya konfirmasi kepada Kepala SMA Negeri 1 Sumenep maupun Komite Sekolah belum dapat dilakukan.