Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Regional

Gaji Minim Cleaning Service RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep

Avatar of Okedaily
39
×

Gaji Minim Cleaning Service RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep

Sebarkan artikel ini
Gaji Minim Cleaning Service RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep
Gambar ilustrasi pekerja tenaga kebersihan atau dikenal dengan cleaning service (c) Redaksi

SUMENEP – Para pekerja kontrak jasa kebersihan atau cleaning service RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, ternyata diupah murah selama bertahun-tahun oleh perusahaan penyedia.

Sebagai Badan Layanan Unit Daerah (BLUD), RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, memiliki tujuan untuk meningkatkan pelayanan. Salah satu caranya dengan menunjuk pihak ketiga sebagai penyedia jasa tenaga kebersihan.

Penunjukan penyedia jasa tenaga kebersihan dari pihak ketiga, diharapkan dapat memberikan hasil maksimal menjadikan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, rumah sakit yang bersih dan nyaman bagi pasien maupun pengunjung.

Proses pengadaan penyedia jasa tenaga kebersihan bagi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep pun tidak dilakukan secara sembarangan. Seluruh kebutuhan dan pembiayaan yang dibutuhkan disesuaikan dengan aturan serta anggaran.

Gudang data Okedaily.com membuka, pemenang Tender perusahaan penyedia jasa tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep tahun 2020 dan 2021 adalah PT. Citra Sentosa Semesta, sedangkan PT Wira Sulthan Buana pemenang di tahun 2022.

Baca Juga :  Kejuaraan Drag Bike Bupati Sumenep Cup 2023, Ajang Resmi Minimalisir Balap Liar

Meskipun nama perusahaan penyedia jasa tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep pada tahun 2020-2021 dan tahun 2022 berbeda. Realitanya, merupakan manajemen yang sama dan menggunakan pekerja yang sama pula.

Menjadi persoalan ketika perusahaan penyedia jasa tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep tersebut, ternyata memberikan upah yang tidak sesuai dengan ketentuan serta aturan yang telah ditetapkan.

Hal itu terungkap saat kami melakukan liputan berapa sesungguhnya nominal rupiah yang diterima oleh para pekerja tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Hasilnya miris, karena mereka ternyata diupah d bawah gaji yang telah ditentukan.

“Awal masuk saya digaji 800 ribu rupiah mas, Alhamdulillah sekarang sudah naik menjadi 1 juta 200 ribu rupiah,” ucap salah satu tenaga kebersihan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Senin (7/2).

Kemudian, dirinya juga mengakui bahwa dia bekerja di bawah PT Citra Sentosa Semesta. Padahal, pemenang penyedia jasa tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep tahun 2022 adalah PT. Wira Sulthan Buana.

Baca Juga :  Setelah Ramai, Tayangan FTA K-Vision Menghilang dari TV Pelanggan LCO Sumenep

Tenaga kebersihan lainnya yang kami wawancara menerangkan, empat tahun lalu dia mulai bekerja jadi tenaga kebersihan memang PT Wira, lalu ganti jadi PT Citra dan sekarang informasi yang dia dapat kembali jadi PT Wira.

“Saya dulu ikut (mulai bekerja, red) PT Wira, terus ganti ke PT Citra. Saya dengar-dengar sekarang jadi PT Wira lagi. Tidak masalah Mas, yang penting saya bisa kerja,” kata tenaga kebersihan yang lain.

Ketika kami memberitahukan besaran gaji yang diterima mereka, tidak sesuai dengan apa yang seharusnya mereka terima. Serasa ingin menetes air mata ini mendengar jawaban polos pekerja jasa tenaga kebersihan tersebut.

“Masa ya mas, kok tega ya hak kita tidak diberikan semua. Tapi mau bagaimana lagi mas saya butuh pekerjaan, nanti kalau saya tanya takut dipecat,” ujar tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep itu.

Asisten Pejabat Pembuat Komitmen (PPKo) RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep yang telah kami wawancara sebelumnya menerangkan bahwa, gaji untuk pegawai tenaga kebersihan telah sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

“Jadi nilai yang dilelang mengikuti dengan berapa tenaga cleaning service yang dibutuhkan, apa saja peralatan kebersihan yang diperlukan. Tentunya kami mengikuti aturan UMK, untuk besaran gaji bagi tenaga cleaning service,” ungkap Asisten PPKo RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Diketahui, besaran UMK yang telah ditetapkan Gubernur Jawa Timur hampir menyentuh angka 2 juta rupiah. Selisih jauh dengan gaji yang diberikan perusahaan penyedia jasa terhadap tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Baca Juga :  Mantan Tim Verifikasi Bongkar Permainan DBM Eks PNPM-MPD UPK Sapeken

Okedaily.com akan menggali lebih dalam mengenai perusahaan penyedia jasa tenaga kebersihan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Dikarenakan, dari informasi yang diterima, bisnis cleaning service tersebut sesungguhnya adalah usaha sampingan seorang pejabat Kota Keris.