Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Ekonomi & Bisnis

Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Mawar Desa Kebunan

Avatar of Okedaily
6
×

Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Mawar Desa Kebunan

Sebarkan artikel ini
Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Mawar Desa Kebunan
Pak Camat Heru disaat memberikan arahan pada acara pelatihan peningkatan aparatur Desa, BPD dan BUMDes di Desa Kebunan Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep [okedaily.com/Aditya]

Okedaily.com, Sumenep – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mawar Desa Kebunan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, bergerak di bidang usaha Toko Bangunan dibawah kepemimpinan Direktur Ibu Waki’ah, SE., yang juga sebagai kandidat Cakades setempat.

Dalam rangka kegiatan pelaksanaan sosialisasi peningkatan aparatur pemerintah Desa, BPD dan BUMDes yang dilaksanakan di Balai Desa Kebunan, H. Selaendi, SE., selaku Pj. Desa Kebunan mengapresiasi kinerja pengurus BUMDes Mawar, Rabu (13/10).

Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Melati Desa Kebunan
Pj. Kades Kebunan, H. Sulaendi, SE.

“Kita berikan modal 100 juta, pada bulan April 2021, alhamdulillah dalam kepemimpinan Ibu Waki’ah, SE., laporannya aktif dan kegiatannya sangat bagus temen-temen BUMDes Mawar sebagai penyelenggara” Ujarnya.

BUMDes Mawar ini, tambah Pj. Kades Kebunan, bergerak di bidang usaha Toko Bangunan. Ia pun berharap kepada warga Desa Kebunan yang membutuhkan alat atau bahan bangunan agar berbelanja di BUMDes tersebut.

Baca Juga :  Idle Cash Ratusan Miliar, Pemkab Sumenep Mendapat Opini WTP LKPD 2020

Baca Juga : Klarifikasi Tudingan Pemalsuan Dokumen Purse Seine, TKSK Sapeken Terlibat?

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Camat Kota Sumenep, Heru Santosa menyampaikan, bahwa BUMDes memiliki keleluasaan untuk mengelola usaha. Dirinya menekankan terkait legal pembentukan BUMDes Mawar harus lengkap, baik Perdes ataupun AD-ARTnya.

Menurut Pak Camat Heru, setiap uang yang diserahkan ke BUMDes Mawar adalah uang negara, sehingga uang satu rupiah pun harus bisa dipertanggung jawabkan oleh pengelolanya.

Baca Juga :  CEODE Tumbuh Bersama BUMDes Sumenep di Masa Pandemi
Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Melati Desa Kebunan
Pak Camat Heru yang murah senyum dan baik hati [okedaily.com/Aditya]

“Disini harus ada pemisahan disaat BUMDes Mawar menerima uang itu, maka tanggungjawab bukan ke pemerintah Desa lagi, tapi kepada pihak penerima. Bagaimana untuk menjamin itu, pemerintah Desa dan BPD harus membentuk yang namanya dewan pengawas BUMDes” Paparnya.

BUMDes Mawar dibentuk, lanjut Pak Camat Heru, dengan salah satu tujuan adalah pemberdayaan masyarakat dan profit keuntungan kepada Desa, maka silahkan dianalisa apa yang menjadi unit usahanya.

Baca Juga : Korban Dishub Sumenep Pada Perluasan Bandara Trunojoyo Bertambah

“Jadi, jangan sampai usaha atau modal yang diberikan kepada BUMDes Mawar, bukan menguntungkan kepada Desa justru malah merugikan Desa. Maka, dengan terbentuknya BUMDes ini, agar bisa memberikan sumbangsih dan pendapatan asli Desa” Harap Pak Camat Heru.

Baca Juga :  Bara JP Menyoroti Adanya Dugaan Penganiayaan Napi di Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan
Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Melati Desa Kebunan
Hj. Waki’ah, SE., Direktur BUMDes Mawar Desa Kebunan, Sekaligus Kandidat Kuat Calon Kades Kebunan Kecamatan Kota Sumenep [aditya/okedaily.com]

Selama 6 bulan memimpin BUMDes Mawar Desa Kebunan, Ibu Waki’ah, SE., menyampaikan bahwa belum ada hasil yg maksimal. Namun dirinya berjanji jika kelak terpilih kembali sebagai kepala desa Kebunan, akan memberikan ide-ide yang baik demi kemajuan desa Kebunan.

“BUMDes Mawar Desa Kebunan ini baru berjalan beberapa bulan, sekitar 6 bulanan. Jadi, pendapatan masih belum maksimal, dengan adanya dana 90juta kita gunakan untuk di bidang Leveransir dulu. Nanti jika saya terpilih menjadi kades Kebunan, akan saya maksimalkan untuk kemajuan BUMDes ini” Tandasnya.